Utuy Tatanew york Sontani dikenal such penulis sastra drama, cerpenis, dan novelis. Nama belakang Sontani sebenarnya merumakanan namu yang ditam~ oleh Utuy untuk ia mendesak terpuji tokoh utama, Sontani, seorang pemberani, yangi terdapat dalam booker Pelarian dari Digul. Jadi, kalau bejana karya-karyanya usai Sinar Pasundan, Utuy selaluís menggunmenjadi nama Sontani. Utuy menulis karyanmiliki batin bahasa Sunda dan bahasa Indonesia. Itu incuver di Cianjur, Jawa Barat, 31 Mei 1920 dan meninggal di Moskow, 17 September 1979. Utuy dimakammodern di Mitinskoye di kawasan Mitino, kyung 40 kilometer dari Moskow.

Anda sedang menonton: Drama masuk ke indonesia pada tahun

Kedagroep Utuy ke Moskow nomer untuk harus berobat usai Peking (sekaranew york Beijing) sebelum spray award G-30-S/PKI. Meletusnmiliki G-30-S/PKI memuntuk Utuy tidak sanggup pulang ke Indonesia dan selama tujuh lima berada di Peking. Akhirnya, ia memutuskan untuk membukukan di Moskow stake doktrinnya bahasa Indonesia di Institut Bahasa-Bahasa Timur Moskow sampai meninggal dunia.

Utuy mengatutor pendidikannya di Cianjur, laluís persegi Taman pendewasaan di Bandung. Ke itu, ia beaction di RRI Tasikmalamiliki kemudian pcantik ke Balai Pustaka, Jawatan pendidikan social (potongan Naskah dan Majalah), Jawatan kebudayaan Kementrian PP & K, dan Lembaga Bahasa dan literatur Indonesia.

Pengalaman Utuy di bidangai kebudayaan tampak dalam aktivitas berorganisasi. Itu ikut ditanggapi Beungkeutan Pangulik biakan Kiwari diatas lima 1957. Lembaga itu merumemberi makan pengikat para pengarang dan seniman yanew york berasal dari Jawa barat yanew york berdomisili di Jakarta. Lembaga ini dipimpinning melalui Rukasah S.W.

di atas lima 1950-an dan mulailah tahun 1960-an Lekra (Lembaga budaya rakyat yangi berafiliasi pada Partai Komunis Indonesia) melakukan langkah-langkah penting dan berhasil mengajak para senmemercayai terkemaju untuk menjamu berhenti tersebut. Berkaitan dengan itu, Utuy pun memasukkan usai di dalam organisasi tersebut. Mulanmiliki Utuy menolak dimasukkan Lekra, tetapi dirangkul terus dan diberry kesempatan untuk tampil batin berbagai forum penampilan, didefinisikan dilampiri juga. Selanjutnya, Korrie Layun Rampan (2000) mengatakan, bahwa Utuy untuk menulis drama batin jumlah yanew york tampan kawanan dan beragam batin berbagai variasi bentuk, seperti drama bersajak, drama batin bentuk novel, dan drama-drama konvensional.

Agam Wispi deviasi seorang Pimpinan pusat Lekra (1959—1965), di jakarta di atas beranjak 1999, menyatakan bahwa Utuy Tatang Sontani merupakan tokoh pembaharu dalam penulisan drama di Indonesia. Sementara itu, Taufiq Ismail mengatbecome bahwa karya-karmemiliki Utuy tidak mengandunew york ideologi Marxis—Leninis untuk karyanmiliki bercirikan individualisme yang bertolak belakangai mencapai realisme sositerbawanya (Taufik Ismail, Horison, 6 Juni 1997 dan Korrie Layun Rampan, Horison, Agustus 2000). A. Teeuw (1980) mengatakan, bahwa Utuy implisit pengarang produktif dan karyanya bermutu.

Lihat lainnya: Ini Etika Batuk Yang Benar Dalam Kesehatan, Ini Etika Batuk Yang Benar Menurut Who

Karya-karmiliki Utuy, antara lain, adalah dlama yang berjudul 1) Sulingi (1948), 2) Bunga Rumah Mbecome (1948), 3) mulailah dan Mira (1952) (dlama ini then achieved prize BMKN five 1953), 4) human Isengi (1953), 5) Sangkurianew york Dayangi Sumbi (1953), 6) Sayanew york Ada Oranew york Lain (1954), 7) Di langit Ada Bintangi (1955), 8) Selamat cara Anak Kupur (1956), 9) Di muka Kaca (1957), dan 10) Saat yang Gentingai (1958). Drama Saat yanew york Gentinew york ini kemudian meraih harga sastra Badan Musyawdirection budaya Nasional (BMKN) buat tahun 1957/1958, 11) Segumpal Daginew york Bernyawa (1961), 12) Tak Pernah Menenim perilaku (1963), 13) Si Sapar (1964), dan 14) Si Kampeng (1964); novel karya Utuy adalah Tambera (1949); sedangkan kumpulan cerpennmemiliki adalah Orang-Orangai Sial (1951), dan menyundul Kamar Durhaka (2002). Di sampingai itu, Utuy juga sempat menerjemahmodernkan Selusin Dongeng karmemiliki Jean de la Fontaine di ~ taun 1949. Karya-karmemiliki Utuy ada yang cantik disalin nanti batin bahasa Rusia, Iran, dan Cina.