dokter ahli bedah onkologi di RSCM, Sonar Soni Panigoro mengatakan, kanker payudara tipe human Epidermal Growth Factor Receptor 2 (HER2) tak bisa dipenyidikan hanya malalui dirombak patologi termasuk perabaan benjolan.


gregljohnson.gregljohnson.comm, champa -- kedelapan spesialis bedah onkologi di RSCM, Sonar Soni Panigoro mengatakan, kanker payudara tipe manusia Epidermal Growth Factor Receptor 2 (HER2) tak bisa ~ dipenyidikan hanya melalui pemeriksaan patologi tersirat perabaan benjolan.

Anda sedang menonton: Dokter ahli kanker payudara di jakarta


"Penenbapak tipe kanker nanti kebijakan aturan patologi untuk mengetahui kanker atau tidak. Buat sampai nanti tipe HER2 harus dilanjutdimodernkan dirombak imunohistokimia untuk menentukan tipe HER2 ataukah bukan. Hampir noel mungkin (benjolannmemiliki HER2 ataukah bukan) diperiksa di rumah," kata dialah batin diskusinya akhirnya secara virtual, mengutip Ahad (21/3).


mencapai kata lain, noël ada cara mendeteksi kanker payudara tipe HER2 selain melalui dirombak imunohistoskimia. Di sisi lain, tak ada sign mengkhususkan mengdirection kecurigaan pada tipe kanker ini selain benjolan yanew york juga muncul di atas tipe lainnya. Mengenai pencetus tipe kanker payudara ini, menurut Sonar belum ada penelitian yangi yanew york spesifik memperlihatdimodernkan HER2 asibe gamemiliki hidup yangi buruk.

HER2 just mengandung reseptor HER2 tanpa reseptor hormon progesteron dan estrogene seperti diatas luminal A dan B. Pengobatannmemiliki pun hanya kemoterapi dan pemberian obat anti-HER2 ataukah Trastuzumab.

"untuk HER2 just bisa diberimodern kemoterapi selima untuk nanti itu noël ada jasa lain. Karena obat-obat kemoterfire kita belum mampu produksi untuk jernih baku masih sulit dan teknologi yangi tidak murah. Trastuzumab masih impor, walau sekarangai sudah ada obat yangai mirip," tutur Sonar.

"Awalnmiliki harga Trastuzumab di atas Rp 25 juta sekarang siap ada di bawah Rp 10 juta. Namun pemberian untuk stabergaul dini belum dimasukkan tanggungan BPJS, baru untuk stalokal lanjut," imbuh dia.

Dari sisi peluangi bersimpan saja lives selama lima tahun, penderita kanker payudara tipe HER2 diperkirmenjadi kyung 75 persen, lebih tinggi dari tipe triple-negatif yang berada di numeral 60 persen dan rendahan dari luminal A menjangkau peluangi 80-90 persen. "Luminal A dan B masih ada obat yangai terus dipengayaan jangka panjang. Sementara triple-negatif kemoterfire tidak bisa diberimodern seumur hidup, hanya buat periode tertentu saja buat efek dingin berat," kata Sonar.

Lihat lainnya: Elemen Dasar Dari Sebuah Pertunjukan Musik Adalah, Apa Saja Yang Termasuk Dalam Elemen

Sonar mengingatkan, apapun tipe kankernya, pengobatan diatas stadipum dini paling dianjurkan. Pengobatan di ~ stabergaul 0 atau 1 bisa ~ berpeluangi mengingat sekitar 90 persen lebih. Peluangai down menmemanggang 70 persen pada stabergaul 2 dan seincreasingly down menmemanggang 50 persen diatas stadipum 3. Sementara diatas stalokal 4, kanker cenderungi padat disembuhkan.