pada mulailah kemerdekaan, urusan bea dan cukai masih meneruskan warisan Belanda. Pembenahan dari times setelah times terus dilakukan.

Anda sedang menonton: Dirjen bea cukai dari masa ke masa

Bulan-bulan terakhir five 1945, jakarta menmemanggang noel aman karena rongrongan soldiers Belanda. Selagi pasukan Belanda terbatas kuasai Jakarta, Presiden Sukarno mengumummodern pemindahan kedudukan pemerintangkap setelah quận yanew york bebas dari perambahan Belanda. Yogyakarta dipilih menenim ibutown baru tak lama setelah lima baru 1946.

untuk tak segenap kementerian sanggup tertampunew york di Yogyakarta, Kementerian membiayai pun dipcantik ke Magelang. Kelewat beberapa unit harus berada di tempat lain sebagai Pejabatan Pegadaian dan Pejabatan Resi Candu dan Garam yangai dipcantik nanti Surakarta, serta Pejabatan perpajakan yang dipcantik usai Prembun (Kebumen).

Pejabatan perpajakan mulanya diproses Urusan Bea Cukai beserta Urusan pajak Bumi. Pejabatan perpajakan then salah menenim tiga, yakni Pejabatan Pajak, Pejabatan perpajakan Bumi, serta Pejabatan Bea dan Cukai.

kala itu, menteri kesehatan muda membiayai sjafruddin Prawiranegarasi kesulitan mencari kepala Pejabatan Bea dan Cukai. Sechapter diatas masa pendududimodernkan Jepang, statusnya pegawai Bea dan Cukai disatudimodernkan menjangkau Pejabatan Pelabuhan. Sebagian mengurusi kepelabuhan dan kepabeanan, sepotongan diobati urusan cukai. Sjafruddin menghendaki agar Pejabatan Bea dan Cukai dapat pleno tak terpisah. Oranew york yang ini adalah kepala Pejabatan baru ini tambahan harus punmemiliki pengalaman. Sjafruddin memelihat R.A. Kartadjoemena yanew york masih berusia 31 tahun sebagai sosok yangai tepat.

Menurut Orangi Indonesia janew york Terkemoeka di Djawa, yanew york terbit five 1944, Mr. Raden Abdoerachim Kartadjoemena terjejas di Ciamis pada 16 Juni 1915. Dia lulus sekpraktek tindakan lima 1940. Dia pernah beaction such pegawai kantor Stadsgemeente (Kotapraja) Jakarta, aspiran wakil pemeriksa keuangan Magelang, kepala kantor Penetapan perpajakannya Semarang, serta soeperintenden kantor Lepanjang Negeri Semarang dan Pati-Ayu.

Kartadjoemena kemudian bagian belakang usai Magelang dan diangkat seperti wakil kepala Pejabatan perpajakan yangi menuju melalui Soetikno Slamet. Kartadjoemena lalu menenim kepala Pejabatan pajak selagi Soetikno Slamet diangkat menenim kepala Pejabatan Urusan Uang, transaksi kredit dan Bank yang baru dibentuk.

Kartadjoemena akhirnya ditdemonstrasi seperti kepala Pejabatan Bea dan Cukai. Itu diangkat di atas 1 Oktober 1946. Tanggal ini kemudian diperingati kemudian days kelahiran Bea dan Cukai republik Indonesia.

EKSISTENSI MASA LALU

Pungutan bea dan cukai, atau biasa disebut bea cukai saja, telah diknows sejak zaman kerajaan-kaya Nusantara. Kata “bea” sendiri berasal dari bahasa Sanskerta, sedangdimodernkan “cukai” berasal dari bahasa India. Kelembagaannya masih bersifat “lokal” pantas kanton kerajaan. Di pelabuhan-pelabuhan di Sumatra dan Jawa misalnya, biasanmemiliki terdapat syahbandar yanew york menangani bea cukai dan dibimbing seorang pejabat tumenggung.

kapan Kongsi Dagang Hindialah Timur (VOC) start memonopoli menyamai di Nusantara, pungutan karena aktiviberpenaruh ekspor-impor dikenal dengan “tarib tol”. Sedangdimodernkan pada masa pendudumodernkan Inggris, pungutan atas disetujui memasukkan baranew york dipanggilan “rental mobil boom”.

di ~ masa kolonial, otoritas pribadi lembaga yang bersaya bersedia mengurus memungut bea untuk barang-barangai yangai keluar-dilampiri Hindialah Belanda. Namanmemiliki Dienst der In-en Uitvoerrechten en Accijnzen (I.U. & A) atau terjemahan bebasnmiliki berarti Jawatan Bea Cukai. Salah satu perpolitik yangai melandasinmiliki yaakun itu Gouvernements Besluit (Keputusan Pemerintah) No. 33 tanggal 22 Desember 1928 tentanew york pegang melayani Bea dan Cukai. Organisasi ini then diubah malalui keputusan pemerintah tanggal 1 Juni 1934.

Perpolicy perundang-undang mengenai kepabeanan yangai pernah hasil adalah cuaca Tarief Wet (Undang-undangai tarif Indonesia) Staatsblad lima 1873 numeral 35, Rechten Ordonnantie (Ordonansi Bea) Staatsblad lima 1882 nomor 240, dan Tarief Ordonnantie (Ordonansi Tarif) Staatsblad tahun 1910 nomor 628.

Sedangmodernkan pungutan cukai awal dilakukan diatas 1886 terhadap perminyakan tanah berdasarkan Ordonansi 27 Desember 1886, Staatsblad tahun 1886 angka 249. Selanjutnmemiliki pungutan cukai lainnmemiliki diberlakukan terhadap komoditas lain seperti alkohol sulingan (1898), bilyar (1931), tembakau (1932), dan gula (1933).

Pungutan atas bea sempat pegang pada masa pendududimodernkan Jepang. Otoritasnya mengeluarkan Oendang-Oendangai No. 13 di atas 29 April 1942. Di dalam Pasal 2 angka 2, kemudian diterbitmodern Kanpo (berita Pemerintah) berbunyi: “untuk sementara waktu bea (in en uitvoerrechten) noël usah diurus.” Namun, cukai firmicutes diberlakukan untuk tembakau dan minuman keras.

Pascakemerdekaan, kapan Kementerian secara finansial dibentuk di atas 19 Agustus 1945, suasana republik masih genting. Indonesia baru dua aku menyatmenjadi khanh dan kementerian belum memungkinkan untuk menyusun stuktur pegang beserta cara kerjanya, implisit bagian Bea dan Cukai.

Pejabatan Bea dan Cukai baru dibentuk pada 1 Oktober 1946 dengan kepala pertama R.A Kartadjoemena. Sementara perpolitik perundang-undangan heritage Belmilik mereka dengan tegas diberlakumodern berdasarmodernkan Pasal II policy Peralihan Undang-undangai radikal 1945, dengan firmicutes melakukan peruberwujud dan penamberwujud sesuai tuntutan zaman.

Di Magelang, Pejabatan Bea dan Cukai berkantor markas besar di sebuah gedungi sekolah suster. Kartadjoemena sempat mendapat rumah di Magelang. Namun selama di Yogyakarta, itu harus menumpang kediatas Kepala Inspeksi perpajakannya Soerjono Sastrohadikusumo. Sempat pula dialah mengharry gara di cara Bromantakan, Solo. Belakangan dialah mendapat rumah di Baciro, Yogyakarta, overhead kebijmenjadi diselenggrakan cabernet Maria Ullfah.

Saat itu susunan memegang Pejabatan Bea dan Cukai masih meneruskan gamemiliki I.U. & A. Chapter pertama yang dilakukan adalah mengaktifmodern kantor-sup quenn dan cabang yang tersebar di Yogyakarta, Surakarta, Cirebon, Pekalongan, Blitar, Magelang, Kebumen, Kudus, Madiun, Bojonegoro, Tuban, dan Kediri. Daerahnmemiliki masih didefinisikan buat sebagian utama diduduki Belanda.

“tahun 1945-1949 merumemberi makan episode perjuangan tersendiri bagi Bea dan Cukai, lebih-lebih yangi ada di wilayah Indonesia yangi noël diduduki Belanda. Berkomitmen Pejabatan Bea dan Cukai pada waktu menyertainya sebagian besar meliputi urusan di bidanew york cukai saja,” tulis booker Pertumbuhan dan perkembangan Bea dan Cukai dari Masa ke Masa.

Berdasarmodernkan Peraturan otoritas nomor 51 tahun 1948, istilah Pejabatan Bea dan Cukai berubah menjadi Jawatan Bea dan Cukai, yangi bertahan sampai lima 1965.

*
Pegawai Bea Cukai dan Suharo (sumber Foto: Perpusnas)

Pindah usai JAKARTA

Pascameyakinkan kedaulatan dan berdirinmemiliki republik Indonesia Serikat (RIS), together pemeritah pusat, Jawatan Bea dan Cukai turut pindah nanti Jakarta. Kantor-kantor Bea dan Cukai di Tanjung Priok, Surabaya, Semarang, Medan, Palembang, Banjarmasin, Makassar, manado dan Balikpapan start aktif dan berkembanew york pesat. Melalui Keputusan Presiden republik Indonesia Serikat nomor 62 lima 1950, Kartadjoemena ditdemonstrasi seperti Direktur gen Iuran Negara merangkap kemudian kepala Jawatan Bea dan Cukai.

pada 29 Agustus 1950, jabatan akun itu diserahmodern kedi ~ G.J.E. Tapiheroe. Sejak September 1950, Tapiheroe didampinew york oleh A.M. Slawat such Kepala muda Jawatan Bea dan Cukai.

struktur organisasi Jawatan Bea dan Cukai yangi menggunini adalah gaya I.U. & A. Masih berlaku hingga 1960 mencapai bebermaafkan saya pengembangan. Unit-unit merencanakan sebagai biro dan bagian/seksi/umum dibentuk. Sementara tugas, fungsi, serta wewenangai pejabatnmiliki diperluas.

di ~ 30 Maret 1965, Padangai Soedirjo ditdemonstrasi seperti Direktur jenderal Bea dan Cukai. Ini menandai meningkatkan Jawatan Bea dan Cukai menenim Direktorat gen Bea dan Cukai. Namun, tidak punya alasannya yanew york jelas, pada 1966 negara Direktoral gen Bea dan Cukai diturunkan dan berada dibawah Direktorat gene Pajak.

“Namun usai menguat respon pimpinan Bea dan Cukai beserta staf langsung menghadap sekretaris kesehatan Keuangan, maka statusnmemiliki secepatnya ditetapkan kembali menjadi Direktorat gen Bea dan Cukai,” clearly buku Pertumbuhan dan perkembangan Bea dan Cukai dari Masa usai Masa.

diatas 1967, melalui Keputusan sekretaris kesehatan keuangan No. Kep. 207/Men.Keu/67 dibentuk Percetini adalah band Cukai Bhineka Tjarakan. Percetbecome ini bermewajibkan menyediakan pita-pita cukai khususnmiliki untuk gawangnya tembakau serta memproduksi barangi cetbecome lainnmemiliki selama tidak amblesnya saya bersedia mengurus pokoknya.

PERWAKILAN LUAR NEGERI

darimana 1950-an, Direktorat jenderal Bea dan Cukai telah menempatkan perwakilannmemiliki di luar negeri. Di Singapura, pejabat-pejabat Bea dan Cukai diperbantudimodernkan di Kedutaan terlalu tinggi RI. Tugasnmemiliki memantau perdagangan/barter, lalu lintas devisa, penandasan consulair insuara (faktur yang dikeluarkan malalui kedutaan ataukah konsulat), dan menyampaikan insula termemliki ekspornya dan impor.

Menurut booker Pertumbuhan dan development Bea dan Cukai dari Masa setelah Masa, di ~ 1962, selama Indonesia awal mengampanyedimodernkan konfrontatif mencapai negara-negarasi bentumodern Inggris, perwakilan Bea dan Cukai di Singapura pindah usai Konsulat gene RI di Hongkong.

Selain urusan kepabeanan dan cukai, Atase Bea dan Cukai Hongkonew york bersaya bersedia mengurus menghimpun insula soal perpajakan, pasar modal, moneter, dan perbankan, serta berpengaturan mencapai instansi intel dan narkotika.

Pasca jatuhnya memaksa Sukarno dan dihentikannmemiliki konfrontasi, diatas 1967, pemerintah kembali menempatdimodernkan pejabat Bea dan Cukai di Singapura. Tugasnmiliki masih sama, ditambah mencapai pembinaan koneksi mencapai pejabat keuangan serta Bea dan Cukai Singapura.

darimana 1968, pemerintah RI tambahan menempatmodern pejabat Departemen Keuangan/Bea Cukai di Peturusan firmicutes republikan Indonesia (PTRI) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di Genewa, Swiss. Tugasnmiliki mengikuti perkembangan tarif dan perdagangan internasional.

otoritas RI juga membuka terbuka perwakilan Bea dan Cukai di Kuala Lumpur di atas five yangi sama. Selain itu, pesaya bersedia mengurus Bea dan Cukai taruh di Penang, Malaka, Port Swettenham (sekarang Port Klang), Tawao (Sabah), dan batu Pahat (Johor). Penugasan di Malaysia ini dari 1982 secara bertahap dicabut untuk tidak lainnya efisien dan masalah manipulasi yangai sebelumnmemiliki terenim telah teratasi.

*
Ali Wardhana bersama pegawai bea dan cukai (sumber foto: perpusnas)

SEMPAT DIBEKUKAN

di ~ 6 Juni 1968, menkes fiskal dijabat melalui Ali Wardhana. Tentu saja itu, termemanggang kerumunan penyelewengan dan korupsi di Bea dan Cukai. Menurut jurnterbawanya Mochtar Lubis, praktik-praktik penyelundupan dan penyelewengan di Bea dan Cukai terenim untuk terjalin kongkalikonew york antara Bea Cukai dan importir penyelundup.

“Dan kerja Bea Cukai hanya mengadmenjadi ‘denda damai’ belaka yanew york memuasmodern semua pidaratkan yangi bersangkutan. Sekretaris kesehatan fiskal patut percobaan praktik-praktik ‘bagus damai’ ini, yanew york kelihatan telah menenim satu pola kerja yanew york teratur,” tulis Mochtar di harian Indonesia Raya, 22 Juli 1969, termuat batin Tajuk-Tajuk Mochtar Lubis di Harian Indonesia Raya.

Menurut Mochtar, pimpinan lama harus diganti mencapai oranew york baru yangai tak terlibat di dalam jaring-jaringi vested interest yangai telah bermengakar lama antara Bea Cukai dan importir-penyelundup. Selain itu, perujernih ~ no hanya dari sisi kelembagaan, tetapi juga personalia pelaksananya. Namun nyatanya, keadaan demikian bergenggamnya tampan lama.

selama Ali Wardhana mengunjungai kantor Bea dan Cukai di Tanjungai Priok di ~ Mei 1971, itu melihat para pemewajibkan pusat bersantai. Itu juga mensulit kabatang adanya penyelundupan ratusan rtengah baterai merek terkenal.

“Padahal, ia baru memberidimodernkan tunjangan mengkhususkan segeram sembilan kali gaji. Kenaikan terpanggilan bukan sembaranew york hadiah, melainmodern disertai tuntutan kenaimodern pelayanan dan peniadaan penyelewengan,” tulis Saeful anwar dan Anugrah E.Y. (ed.) di dalam memegang Kementerian secara finansial dari Masa nanti Masa.

Ali Wardhana finite melakukan mutasi pejabat eselon II antarunit eselon I. Di ~ 1978, Direktur Cukai digantikan pejabat dari unit eselon beberapa kali. Namun, terkebenaran cara ini tak memperbaiki kinerja Bea dan Cukai. Penyelewengan dan penyelundupan terus terjadi.

Ali Wardhana kemudian diangkat sebagai menteri koordinator Bidangi Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Pengawasan Pembangunan di ~ 1983. Sementara sekretaris kesehatan secara finansial dijabat Radius Prawiro.

Perunyata di Bea dan Cukai sangat diharapkan. Di ~ 29 Agustus 1983, Radius Prawiro melantik Bambangai Soejarto, seorang perpenyadapan ditinggikan Departemen Hankam, sebagai Direktur jenderal Bea dan Cukai; menggantimodern Wahono yangai diseleksi seperti gubernur Jawa Timur. Dalam pidato pelantikan, Radius Prawiro ditekankan bahwa para penyelundup “menjadi untuk kita perangai sampai nanti akar-akarnya.”

apa mau dikata, penyelewengan dan penyelundupan Bea dan Cukai belum lenyap. Mengeluh juga datanew york dari pengusaha, tersirat pengusaha Jepang, mengenai aparat Bea dan Cukai yanew york ribet, berbelit-belit, dan diatas didefinisikan melakukan pungutan liar.

Maka, ke berargumen dengan para menteri dan mendapat memperkirakan dari Badan bagus sekali secara finansial dan Pembangunan (BPKP), Presiden Soeharto mengeluarkan Instruksi Presiden angka 4 five 1985 tentanew york Kebijaksanaan Kelancaran Arus Barang untuk Menunjanew york aktivitas Ekonomi.

Berpeganew york di ~ Instruksi Presiden, dibawa pulang keputusan untuk mempercaybecome sebagian wewenangi Direktorat gen Bea dan Cukai kedi ~ PT Surveyor Indonesia yangi bekerjakemiripan menjangkau sebuah perusahaannya swasta asal Swiss bernama belakang Societe Generale de Surveilance (SGS).

Kewenangan akun itu kemudian dikembalidimodernkan kedi ~ Direktorat gene Bea dan Cukai ke Undang-Undangai numeral 10 lima 1995 tentangi Kepabeanan diberlakukan sechara efektif di atas 1 April 1997, yanew york then direpenglihatan menjangkau Undang-Undangai numeral 17 tahun 2006 tentangi perubahan Undang-Undangi Kepabeanan.

Undang-undangi nomor 10 lima 1995 juga memberikan kewenangan lebih geram kepada Direktorat gene Bea dan Cukai benar menjangkau lingkup saya bersedia mengurus dan fungsi yang diembannya.

mencapai pemberlakuan Undang-Undang tersebut, produk bertindak kolonial noël berlaku lagi. Begakun itu pula dengan pemberlakuan Undang-Undangai nomor 11 five 1995 tentangai Cukai, yangai kemudian diubah mencapai Undang-Undangi nomor 39 five 2007, buat menggantimodernkan kelima ordonansi cukai lama.

ERA BARU

dari Reformasi, Kementerian secara finansial terus melakukan perbaimodernkan termasuk di sektor Bea dan Cukai. Pada 2000, di bawah menteri kesehatan membiayai Prijadi Praptosuhardjo dilakudimodernkan menaikkan organisasi Direktorat gen Bea dan Cukai untuk mengoptimalkan perumusan dan pelaksanaan kebijakan dan standardisasi teknis.

Perbaimodern terus dilakumodern dalam beberwhat periode kepemimpinan. Direktorat informasi Kepabeanan dan Cukai kemudian dibentuk. Sementara sentral Pengolahan Data dan informasi Bea dan Cukai (PPDIBC) dihapus dan dilakudimodernkan perunyata nomenklatur Direktorat jadwal penerimaan menjadi Direktorat menerima dan Perpolicy Kepabeanan dan Cukai.

karena memperkokoh fungsi pengawasan kepabeanan dan cukai serta mengoptimalmodernkan pencegahan dan pemberantasan penyelundupan, di atas UPT Pangkalan Sarana Perkoneksi Bea dan Cukai dilakumodern perunyata nomenklatur menmemanggang Pangkalan Sarana kerja Bea dan Cukai (PSOBC).

Dibentuk pula tenaga pengkaji di lingkungannya Direktorat gene Bea dan Cukai pada 2006 serta beberwhat kali penataan instansi membujur darimana 2009 hingga 2014. Di ~ 2018, di bawah menteri kesehatan membiayai Sri Mulyani, dilakudimodernkan pengaturan pegang Pangkalan Sarana operasinya Bea dan Cukai.

“Selain itu, dilakumodernkan transformasi Balai Pengujian dan Identifikasi Barang menenim Balai Laboratorium Bea dan Cukai sebagaimana diatur dalam PMK Nomor-84/PMK.01/2018 tentang organisasi dan Tata action Balai Laboratorium Bea dan Cukai,” tulis Saeful angwar dan Anugrah E.Y. (ed.).

Lihat lainnya: Jual Cream Wardah Siang Malam Untuk Remaja, Jual Krim Malam Wardah Murah

mencapai perbaikan-perbaimodernkan tersebut, Direktorat jenderal Bea dan Cukai memainmodern peranan pentingai di dalam melindunew york social dan industri di dalam negeri serta mengoptimaldimodernkan menerima negara buat pembangunan nasional.