diatas beberapa toolkit elektronik tertentu saja kemudian di atas pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner) memilki sabapak damemiliki listrik batin bentuk PK ataukah HP....

Anda sedang menonton: Dinamo 1/4 pk berapa watt


*
written by arga May 10 · 2 min read >


*

diatas beberwhat toolkit produk elektronik tertentu saja sebagai pada pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner) memilki satuhan damemiliki listrik di dalam bentuk PK atau HP. Nah, pasti sebagian terlalu tinggi dari their bertanya-tanya, 1 PK berapa watt atau 1 HP berapa watt ??? untuk anck usulnya their semua, berikut adalah penjelasan kilade dan simple yanew york ini adalah menjawab 1 PK berapa watt ataukah 1 HP berapa Watt .


1 PK berapa watt ?

PK merupapan singkatan dari Paar den Karft dari Bahasa Beltheir yangi artinmemiliki adalah daya kuda. Daya kuda bila diterjemahkan batin bahasa Inggris adalah Horse Power ataukah HP. Sehingga 1 PK = 1 HP.

1 HP (Horse Power) sama mencapai 745,7 Watt atau 0,7457 KW. 1 KW (1000 Watt) kesamaan mencapai 1,34 HP.

1 PK = 745,7 Watt1 HP = 745,7 Watt1 PK = 1 HP = 745,7 Watt

Jadi, sabapak listrik PK kemiripannya geram mencapai HP dan merupakan satuhan beanjuran damiliki listrik yangai dapat dikonversikan menenim satuan watt.

½ PK bermaafkan saya Watt ??

1 PK = 745,7 Watt

½ PK = 0,5 x 745,7 Watt

= 372 Watt

historia Satuhan PK dan HP

PK adalah singkatan dari bahasa Belmilik mereka yamenemani itu Paar den Kraft, yanew york memiliki konotasi damemiliki kuda. Sementara HP adalah singkatan dari bahasa Inggris yamenyertainya Horse Power, yanew york juga berarti Damemiliki Kuda.

Meski sabapak listrik PK dan HP sama-kemiripan memiliki makna tambahan daya kuda, namun sebetulnmemiliki keduanmiliki memiliki perbedaan biaya ketinanti dikonversimodernkan ke batin satuan watt.


bagaimana bisa ~ 1 PK kemiripannya dengan 7,45,7 Watt ?

Awalnmemiliki Satuan damiliki mencapai menggunini adalah tenaga kuda, damemiliki kuda atau Horse Power (HP) dikemukini adalah melalui Ilmuwan penemu machin uap, yaakun itu James Watt. Development mesin basah menenim sebuah alasan buat dibandingkan kemampuan mesin kelembaban mencapai tenaga kuda. Chapter ini juga melatar belakangai James Watt dalam memasarmodernkan mesin uap yang dikembangkannya.

mesin basah mencapai Tenaga Kuda

diatas mulanmiliki istilah damemiliki kuda used untuk dipungut performa antara mesin damp mencapai tenaga kuda. Diatas masa itu, masih crowd oranew york yang menggunbecome kuda such hewan penggerak, baik karena kendaraan ataukah mesin-machin penggilingan.

untuk menyakindimodernkan agar sosial menerima dan mau pembelian mesin uap yang diproduksinya, maka Jampita Watt does rate dan ujian buat dapat mengetahui berapa rate tenaga dari mesin kelembaban dengan tenaga kuda.

Saat menemani itu James Watt menghitunew york bahwa kemudian kuda mampu memutar sebuah machin penggilingan secrowd 144 kali dalam satu pukul ataukah 2,4 kali dalam satu menit. Radius rodanya yang berbelok adalah 12 kaki, sehingga seperti kuga bergerak sekurang sopan 2,4 x 2pi x 12 kaki batin satu menit.

Jampita pengukur watt yakin bahwa sebagai kuda mampu menarik dengan gamemiliki 180 pound, dan kemudian diuntuk menang tujuan :

*

Nilainmemiliki dibulatdimodernkan menjadi 33.000 kaki-pound.menit


1 HP (Tenaga Kuda) = 33000 Kaki-Pound/Menit (745,7 Watt)

Damemiliki kuda mekanis (Mechanical Horse Power) adalah sebuah biaya yanew york besarnmemiliki parity mencapai 550 kali-pound per detik ataukah 33000 kaki-pound per menit (745,7 Watt)

mencapai demikian, para masyarakat such calon konsumen become lebih mudah mengkonversi sebuah satuan power listrik atau mekanik kedalam satuan yanew york lebih umum batin implementasi dan kondisi lapangan yang akrab mencapai masyarakat.

Selain itu, mayarakat also become mengetahui seberapa geram manfaat yanew york become mereka dapatkan, jika mereka mengganti tenaga kuda yang siap biasa digunakan menjangkau menggunbecome mesin uap.

ke itu, sabapak Horse Power diadpeluang untuk mengkuantifikasi daya kememiliki dari machin diesel, piston, turbin, motor listrik dan masih banyak lagi.

Dan seirinew york menjangkau development zaman, munculah berbagai satuan-sabapak lain such :

PS (Pferde Staerke) = Bahasa JermanPK (Paar den Karcht) = Bahasa BelandaDamemiliki Kuda = Indonesia

Satuan PS dan PK kerumunan diguandimodernkan di berbagai negara Eropa, Amerika Selatan, Initu dsb. Sementara satuan HP kerumunan digunakan di negara Amerika dan Inggris Raya. Untuk satuan DK tentu di Indonesia.

Horse Power dari Berbagai Penggunaan

Horse Power (HP), Damemiliki Kuda Mekanik

Damemiliki Kuda Mekanika atau Mechanical Horse Power merupakan pengeluaran damiliki yang besarnmemiliki kemiripan menjangkau 550 kaki/kedua atau 33.000 kaki-pound/menit.

33.000 kaki-pound/menit = 745,7 Watt

Horse Power (HP), Daya Kuda Metrik


Sedangmodernkan dalam sabapak metrik, cost satu damemiliki kuda atau satu Horse Power (HP) kemiripannya mencapai 75 kgf-m/detik. Artinmemiliki nilai ini setara menjangkau 735,499 Watt.

Damemiliki Kuda Boiler atau Boiler Horse Power

Satuhan damemiliki kuda boiler tangan kedua karena mengukur tingkat pilihan suatu boiler uap. Pengeluaran satuan damemiliki kuda boiler setara mencapai damemiliki yanew york dibutuhkan buat mengubah air menenim uap sekawanan 34,5 pound air per kota di ~ temperature 212 degree Fahrenheit. Nilainya kemiripannya mencapai 9809,5 Watt.

Sabapak Daya Kuda atau HP untuk Motor Listrik

Sabapak damiliki kuda ataukah Horse Power (HP) yangi sering digunakan buat menyatini adalah beusul daya diatas sebuah elektro motor listrik merupapan daya yang penting elektromotor tersebut. Biaya Damemiliki yangi berhenti diatas merek merumemberi makan damemiliki output, bukan damemiliki input.

pengeluaran satu damiliki kuda atau Horse Power di atas elektromotor keseimbangan menjangkau 746 Watt. Namun di ~ elektromotor listrik yangi diproduksi di Eropa dengan distandarkan CER (Continental European) menggunbecome dobel ratingai atau satuan HP (Horse Power).

Lihat lainnya: Ketahui Khasiat Daun Sambung Nyawa Untuk Asam Urat Ampuh, Bukan Semak

1 Hp elektromotor standar Continental European juga menggunbecome pengeluaran damiliki parity 735 Watt

PS ataukah Pferder Staerke

PS merumemberi makan sabapak yang juga memiliki makna tambahan such tenaga kuda, damemiliki kuda ataukah Horse Power (HP). PS kuranew york lebih setara dengan 1 meter Horse Power atau

1 PS = 1 metrik HP = 735,3 Watt

Satuhan damemiliki PS seringai used untuk tentukan damemiliki suatu mobil, kendaraan, mesin diesel dan sebagainya…

mengubah HP dan PK usai batin sabapak Watt

sebenarnya nilai atau beusul PS/Pk sedikit various menjangkau HP. Antara lain adalah :

1 PS / PK = 0,98 HP

1 PS / PK = 0,74 KW

1 KW = 1,36 PS

1 HP = 1,01 PS

Namun demikian, di Indonesia sendiri nilai HP disambecome dengan pengeluaran PK.