Difteri adalah dileburkan bakteri di atas hidungai dan tenggorokan. Meski noël selalu menimbuldimodernkan gejala, penyakit ini biasanmemiliki ditandai malalui munculnmiliki selaput abu-abu yangai melapisi tenggorokan dan amandel.

Anda sedang menonton: Difteri disebabkan oleh virus atau bakteri

Bila noel ditangani, radang usus besar difteri mungkin mengeluardimodernkan beracun yang dapat mebuyar sejumlah organ, kemudian jantung, ginjal, atau otak. Difteri tergolongai penyakit mengaris kerusakan dan berpotensi terintimidasi jiwa, namun sanggup dicegah melalui imunisasi.

*

Di Indonesia, pemberian vaksin difteri dikombinasidimodernkan mencapai pertusis (batuk rejan) dan tetanus, atau dipanggilan tambahan dengan imunisasi DPT.

Faktor Risiko dan Penyebab Difteri

Difteri disebabmodernkan melalui kolitis bernama Corynebacterium diphtheria, yang dapat menyebatang dari orang nanti orang.

Seseorangai bisa tertgaris difteri bila noël sengaja mengambil napas dalam-dalam atau tertelan percimodern air liur yangai timbulnya penderita saat batuk atau bersin. Infeksi also sanggup termemanggang melalui benda yangi cantik terpolusi air air liur penderita, sebagai gelas atau sendok.

Difteri dapat dialami malalui siwhat saja. Namun, risiko terseranew york difteri become lebih besar lagi bila tidak mendapat vaksin difteri sechara lengkap. Selain itu, difteri juga lebih berisiko terenim di atas oranew york yang:

lives di area massf penduduk atau buruk kebersihannya. Bepergian setelah wilayah yangi sedang terjadi wabah difteri.

gejala Difteri

komplikasi difteri muncul 2 sampai 5 aku ke seseorangi terinfeksi. Meskipun demikian, noël setiap orang orangi yanew york terinfeksi difteri mengbawaan gejala. Apabila muncul gejala, biasanmemiliki berupa terbentuknya lapisan kurusu berwarna abu-abu yanew york sekam tenggoromodern dan amandel penderita.

Selain muncul lapisan abu-abu di tenggorokan, komplikasi lain yangai dapat muncul meliputi:

voice serak Batuk masuk angin demam Menggigil Lkuning Muncul benjolan di leher asibe pembengkini adalah kelenjar getah bening

while Harus ke Dokter

Segeralah periksakan ourselves setelah dokter jika mengalami komplikasi penyakit difteri di atas, terterutama bila memiliki risiko untuk tertular.

Difteri dapat menimbuldimodernkan komplikasi yang lebih berat, seperti:

perambahan visi Kerpikiran cold Sesak napas Kulit pucat ataukah membiru

Apabila muncul gejala-komplikasi tersebut, segeralah ke IGD rumah sakit untuk menmendulang pertolongan medis.

Diagnosis dan Pengobatan Difteri

hati-hati dapat menduga pasien terkena difteri jika terdapat lapisan abu-abu di tenggoromodern atau amandelnya. Namun untuk memastikannya, hati-hati become mengambil sampel lendir dari tenggoromodern pasien (kebijakan aturan usap ataukah swab tenggorok), karena diteliti di laboratorium.

Difteri tergolong penyakit serius dan harus diatasi selangsung mungkin. Menurut data statistik, 1 dari 10 pasien difteri meninggal dunia meski telah mendapat pengobatan.

Beberwhat types pengobatan yangai dilakumodern untuk diobati difteri, antara lain:

Suntidimodernkan antiracun

hati-hati akan memberidimodernkan suntimodern antiracun (antitoksin) difteri guna melawan racun yangi dimembuat melalui kolitis difteri. Sebelum suntik dilakukan, pasien ini adalah menjalani tes alergi kulit untuk memastimodern noël ada alergi terhadap antitoksin.

Obat antibiotik

untuk pembunuhan radang usus besar difteri dan memperbaiki infeksi, tutur akan memberikan antibiotik, seperti penisilin ataukah erythromycin. Antibiotik perlu dikonsumsi sampai habis benar rumus dokter, guna memastikan riak siap bebas dari diseases difteri. Dua hari usai pemberian antibiotik, umumnmiliki penderita cantik noël lainnya bisa ~ menulardimodernkan penyakit difteri.

perlakuan difteri dilakudimodernkan di rumah sakit, guna preventif infeksi difteri nanti orang lain. Apabila diperlukan, dokter juga become meresepmodern antibiotik pada familic pasien.

Bagi pasien yangai mengalami sesak napas asibe selaput di tenggorodimodernkan yang menghalangi aliran udara, dokter THT akan melakukan prosedural pengangkatan selaput.

komplikasi Difteri

radang usus besar penyebab difteri mengmembuat meracuni yangai bisa ~ merusak jaringan di hidungi dan tenggorokan, hingga menyumbat saluran pernapasan. Racun terpanggilan tambahan bisa menyebatang melalui aliran darah dan menyerang berbagai organ.

di atas jantung, berbahaya jaringan acibe meracuni dapat menimbulkan radanew york otot jantungai (miokarditis). Di ~ ginjal, menyebabkan gagal ginjal. Dan di ~ saraf, berakibat kelumpuhan.

melalui untuk itu, menangani yanew york benar mendesak penting dilakumodern untuk mencegah dan mengurang keparahan gejala difteri.

Pencegahan Difteri

Difteri dapat dicegah menjangkau imunisasi DPT, yaakun itu pemberian vaksin difteri yang dikombinasidimodernkan mencapai vaksin tetanus dan batuk rekreasi (pertusis). Imunisasi DPT tersirat dalam imunisasi delegasi bagi anak-anak di Indonesia. Pemberian vaksin ini dilakumodernkan pada usia 2, 3, 4, dan 18 bulan, serta di atas usia 5 tahun.

Guna memberikan maju yang optimal, vaksin setipe DPT (Tdap atau Td) become diberimodern diatas rentanew york usia 10-12 five dan 18 tahun. Spesialisasi karena vaksin Td, pemberian dilakumodernkan setiap 10 tahun.

Tak hanya di ~ anak-anak, vaksin difteri tambahan perluís diberimodernkan diatas orangai dewasa.

Lihat lainnya: Psht Vs Ikspi Mp3 Download Video Psht Vs Kera Sakti, Permu5Uhan Iks Pi

Bagi anak-anak berusia under 7 tahun yangai belum pernah mendapat imunisasi DPT ataukah tidak mendapat imunisasi lengkap, dapat diberidimodernkan imunisasi kejaran pantas perencanaan yang dianjurmodern tutur anak. Mengkhususkan bagi anak-anak yangi siap berusia 7 lima nanti overhead dan belum mendapat imunisasi DPT, dapat diberimodernkan vaksin Tdap.