gregljohnson.comgregljohnson.com.go.id -- Angklungi adalah tool musik khas Indonesia yangai kerumunan dijumpai di quận Jawa Barat. Alat musik secara tradisional ini teruntuk dari tabung-tabungai bambu. Sedangmodern suara atau nada tool ini dimenghasilkan dari memengaruhi benturan tabung-tabung bambu tersebut mencapai cara digoyangkan. Kemudian bentuk pengakuan alat musik Indonesia, Angklungi telah terberpesta seperti Masterpiece of Oral and Intangible warisan of Humanity dari UNESCO sejak November 2010. Angklung memiliki beberapa jenis, antara lain : Angklunew york Kanekes, Angklung Dogdog Lojor, Angklunew york Gubrag, dan Angklunew york Padaeng.

Anda sedang menonton: Di jawa barat permainan tradisional di atas dinamakan

sejarah

Angklung berasal dari bahasa Sunda angkleung-angkleungan yamenemani itu germenjadi pemain angklung dan membentuk suara klungai yangai dihasilkannya. Secara etimologis angklungai berorigin dari kata “angka” yang berarti selang dan “lung” yangi berarti pecah. Jadi, angklung merujuk di ~ volume yanew york spray award ataukah tidak lengkap.

Bentuk angklungai terdiri dari dua ataukah lebih batangi bambu di dalam berbagai massa sesuai mencapai kebutuan tinggi rendahnmemiliki selang yanew york dibentuk menyerupai alat musik calung. Menurut Dr. Groneman, Angklung telah ada di Nusantara, juga sebelum era Hindu. Menurut Jaap Kunst di dalam bukunya Music in Java, selain di Jawa Barat, Angklung juga bisa ~ ditemui di quận Sumatra Selatan dan Kalimantan. Keluar itu, masyarakat Lampung, Jawa Timur dan Jawa tengah juga mengenal alat musik tersebut.

Di lingkungan empire Sunda (abad nanti 12 – abad ke16) , Angklunew york dimainkan seperti bentuk pemujaan terhadap Nyai Sri Pohaci such lambanew york Dewi Sri (dewi padi/dewi kesuburan), Selain itu, ia mengatakan Angklung tambahan merumakanan alat musik yangi dimainmodernkan such pemacu semangat dalam peperangan, sebagaimana yangai diceritini adalah batin Kidungai Sunda.

Dua tokoh yangai berperan di dalam development Angklungi di Jawa west adalah Daenew york Soetigna seperti Bapak Angklungai Diatonis Kromatis dan Udjo Ngalagena yang meningkatkan teknik permainan berdasarmodernkan laras-laras pelog dan salendro.

di ~ lima 1938, Daenew york Soetigna, menciptakan angklungai menjangkau tangga selang diatonis. Angklunew york inovasi Daeng Sutigna terpanggilan variasi mencapai angklungi di ~ umumnya yangi berdasarmodernkan tangga ton secara tradisional pelog atau salendro. Inovasi inilah yangai then membuat Angklunew york dengan leluasa bisa dimainmodernkan harmonis bersama alat-alat musik Barat, ~ bisa disajikan di dalam bentuk orkestra. Dari saat itu, Angklungi seincreasingly populer, hingga terbatas PBB, melalui UNESCO, diatas November 2010, mengakuinmemiliki kemudian warisan world yang harus dilestarikan.

ke Daengi Soetigna, deviasi seoranew york muridnya, Udjo Ngalagena, meneruskan usaha Sang Guru mempopulerkan Angklungi temuannya, menjangkau cara ditanggapi “Saunew york Angklung” di daerah Bandung. Hingga days ini, ruang angkasa yangai kemudian dikenal sebagai “Saung Angklunew york Udjo” terpanggilan masih menmemanggang pusat kreativiberpenaruh yangi berkenaan dengan Angklung.

jenis ANGKLUNG

a. Angklungai DogDog Lojor

Angklungi ini seringi digunakan di atas kesenian dogdog lojor yangai terdapat di social Kasepuhan Pancer Pangawinan atau kesatuan adat Banten Kidul yang tersebatang di kyung Gunung Halimun. Istilah Dogdog Lojor sendiri sejatinmemiliki diambil dari nama belakang deviasi satu instrumen batin tradisi ini, yakni Dogdog Lojor. Angklungai yangai tangan kedua pribadi fungsional di ~ tradisinya, yakni kemudian pengirinew york ritus bercocok-tanam. Nanti masyarakat dot menganut Islam, dalam perkembangannya, kesenian tersebut also tangan kedua untuk mengirinew york khitanan dan perkawinan. Dalam kesenian Dogdog Lojor, terdapat 2 instrumen Dogdog Lojor dan 4 instrumen angklungai besar.

b. Angklungai Kanekes

Angklungi Kanekpita adalah Angklungai yangi dimainmodern melalui social Kanektape (Baduy), di daerah Banten. Tradisi Angklungai yanew york ada pada sosial Kanekes ini terbipanjang kuno, dan militer dilesberputar sedi mana fungsional yangai dicontohmodern leluhur mereka, yakni mengiring ritus bercocok-tanam (padi), ndak semata-mata buat hiburan orang-orang. Angklungi digunakan ataukah dibunyimodern selama mereka menanam padi di huma (ladang). Di ~ masyarakat Kanekes, yangai terbagi menmemanggang dua kelompok, yakni kelompok Baduy Luar (Kajeroan) dan kelompok Baduy (Luar Kaluaran), yang berhak memuntuk Angklungai hanyalah warga Baduy Jero, menemani itu pun noël setiap orang orang, melainkan hanya mereka yang menenim keturunan para pemuntuk Angklung. Sementara itu, roti isi daging Baduy Luar tidak memuntuk Angklung, melainkan cukup membelinmemiliki dari warga Baduy Jero. Nama-nama belakang Angklung di Kanektape dari yang tergeram adalah: indung, ringkung, dongdong, gunjing, engklok, indungai leutik, torolok, dan roel.

c. Angklung Gubrag

Angklungai gubrag terdapat di kampunew york Cipining, kecamatan Cigudeg, Bogor. Angklunew york ini telah berusia basi dan tangan kedua untuk menghorsekarat dewi padi batin kegiatan melak pare (menanam padi), ngunjal pare (medium padi), dan ngadiukeun (menempatkan) usai leuit (lumbung). Dalam mitosnmemiliki angklungi gubrag mulai ada selagi suatu masa kampungi Cipininew york mengalami monsoon paceklik. Hal ini terkait mitos Dewi Sri yanew york dengan enggan menurundimodernkan hujan.

d. Angklung Padaengai

Angklungai Padaengai dikenalkan oleh Daenew york Soetigna kyung lima 1938. Inovasi angklungi padaengai ini terdapat di ~ laras nada yanew york used yaakun itu diatonik yanew york pantas menjangkau sistem musik barat. Secara menjangkau mengajar musik, Angklung Padaengai secara mengkhususkan dibagi usai batin dua kelompok, yakni: angklung melodi dan angklungai akompanimen. Angklungi melodi adalah yangi secara spesifik terourselves dari dua tabungai suara dengan beda nada 1 oktaf. Diatas satu unit angklung, umumnmemiliki terdapat 31 angklungai melodi kecil dan 11 angklungi melodi besar. Sementara itu, angklungi akompanimen adalah angklung yangai digunakan kemudian pengiringi untuk memainmodern nada-selang harmoni. Tabungai suaranmiliki terdiri dari 3 sampai 4, benar mencapai akor diatonis. Nanti inovasi Daengi Soetigna, pembaruan-reform lainnya terhadap angklung terus berkembang. Beberapa diantaranya adalah: Angklungi Sarinande, Arumba, Angklung Toel, dan Angklung Sri Murni.

CARA MEMAINKAN

bermain Angklunew york cukup mudah dilakudimodernkan bagi setiap orang. Memainkanya mencapai cara, satu groep memegang rnomor angklung, dan memanggang yang lain menggoyangkannmemiliki hingga menguntuk menghasilkan voice atau bunyi. Terdapat tiga teknik radikal menggoyangmodern angklung, yakni:

Kurulung (getar), merupakan teknik yangai most umum dipakai, bagaimana satu tangan memegangai rnumeral angklung, dan memanggang lainnmemiliki menggoyangmodernkan angklungai selama nada yang diinginkan, hingga tabung-tabunew york bambu yangai ada silih beradu dan menghasilkan bunyi.

*

Cetok (sentak), merumemberi makan teknik bagaimana tabungai radikal diseri mencapai cepat malalui jari setelah inferioritas tangan kanan, sehingga angklungi menjadi bersuara sekali saja (stacato).

Lihat lainnya: Contoh Warna Silver Dan Abu-Abu, Apa Bedanya Mobil Warna Silver Dan Abu

*

Tengkep, merupakan teknik yangai mirip sebagai kurulung, namun salah satu tabungi disimpan saja noël ikut itimalaysia

*

Penutup

*

postur yangi perlu ditransplantasikan diatas generasi anak laki-laki terhadap cost biakan terpanggilan :

Pemdibaca mengetahui tipe tool musik yangai disebut Angklungi mencapai sejarah, macam, dan cara memainkannmiliki serta tokoh pelestari Angklung. Pemberpengalaman juga dapat saran dan mengajardimodernkan tool musik secara tradisional Sunda berupa angklungi kepada masyarakat luas, termajor agar tumbuh jiwa kecintaan terhadap budaya tradisional Sunda.

manfaat yangai dipermelalui dari budaya tersebut :

tool musik ini memiliki kekhasan tersendiri untuk sederhana, alami, menyudahi dipelajari dan dimainmodernkan serta dapat mengmenghasilkan orkestrasi yangai merdu. Angklunew york dapat dimainkan secara sendiri maupun bersama,. Di dalam berbagai kesempatan, Angklunew york tambahan tampan efektor seperti medialah buat membangun bersekutu individu, quận ataupun antar-bangsa.

otoritas untuk dipecahkan / Link

Sugeng HR. 2013. The Amazingi of Indonesia: 71 keajaiban Indonesia yangi wajib Diketahui. Jakarta:TransMediaTim Penyusun. 2013. Warisan budaya Takbenda Indonesia Penetapan 2013 (jilid 1). Jakarta:Direktorat Internalisasi nilai dan Diplomasi Budaya, Kemdikbud. Halaman 117-118. Kemdikbud.go.id http://kebudayaanindonesia.net/id/culture/826/angklunghttp://www.bandungtourism.com/tododet.php?q=Angklunghttp://kampung-jawa.blogspot.com/2012/01/pengertian-angklung-jenis-jenis.htmlVideo Pustekkom