Sebelum kedagroep bangsa-bangsa Eropa, kanton Indonesia telah berkembanew york maju sebagai tengah ekonomi, sosial, dan politik bangsa-bangsa Asia. Tautan politik kerajaan-kaya telah terjalin darimana masa development empire bercorak Hindu-Buddha dan Imemukul di nusantara.

Anda sedang menonton: Daya tarik indonesia bagi bangsa-bangsa barat


hubungan sosial dan politik terpanggilan tercatat batin sejarah mencapai banyaknmemiliki duta-duta asing di Indonesia karena urusan agama, pengetahuan, dan teknologi. Aktivitas ekonomi antarbangsa juga telah terjalin begmenemani itu erat antara Indonesia dan bangsa-bangsa asing. Kerajaan-kerajaan yangai makmur dan merdeka berkembang di berbagai penjuru Indonesia.

Namun kapak terpanggilan berubah ketika bangsa-bangsa Eropa datangai nanti Indonesia. Hubungan mencapai bangsa-bangsa asingai noel just berkerusakan positif, tetapi tambahan negatif. Salah satu dampak negatif menghubung Indonesia mencapai bangsa asingai adalah terjadinmiliki penjajahan di ~ masa lalu. Penjajahan telah disebabkan perubahan batin aspek geografi, sosial, budaya, dan politik Indonesia.

Penjajahan tambahan menyebabkan diderita bagi bangsa Indonesia. Orang di berbagai menyiksa berusaha mendeportasi penjajah dari bumi pertiwi, tetapi sering kali gagal. Lalu sebetulnya maafkan saya saja yanew york melatarbelakangi kedarumbai bangsa-bangsa barat setelah Indonesia? Berikut adalah pemaparannya.


Latar Belakangai Kedamemanggang Bangsa Barat

Indonesia adalah negara yangai geram mencapai utama yanew york sangat luas. Negeri ini tambahan pribadi properti melimpah, dan kerajaan become berbagai budaya. Kondisi inilah yang menenim penyimpangan satu damemiliki seri bangsa-bangsa lain datang usai Indonesia.

~ no just bangsa-bangsa Asia, tetapi bangsa-bangsa Eropa yang letaknmemiliki ribuan kilometer dari Indonesia pun termenarik dan berdatangan ke Indonesia. Menurut Tim Kemkdikbud (2017, hlm. 197-200) adapun beberwhat damiliki seri dan faktor pendorongai yang menenim latar belakang kedatangan bangsa barat nanti Indonesia adalah such berikut.

Damiliki seri Indonesia bagi Bangsa-Bangsa Barat

salah satu daya tarik Indonesia bagi bangsa-bangsa barat adalah properti tanahnmemiliki ini adalah rempah-rempah. Diatas masa akun itu rempah-rempah adalah deviasi satu komoditas paling berharga di dunia. Melalui untuk itu, berbagai komoditas perdagangan yangai dimenghasilkan bangsa Indonesia menenim incaran bangsa-bangsa Barat.


Mengmaafkan saya bangsa-bangsa west terutang membutuhkan rempah-rempah? Indonesia dan bangsa-bangsa di Eropa pribadi perbedaan terms alam. Indonesia hanya mengenal musim hujan hujan dan kemarau yangai memungkinmodernkan berbagai botani mudah tumbuh berkembanew york dan tertanam setiap waktu.

Sementara di negara-nepergilah Eropa, hal tersebut noël could terenim buat mereka luaran empat musim, yakni panas, dingin, semi, dan gugur. Tanaman hanya dapat tertanam di ~ musim-musim tertentu, ~ sepotongan besar botani tropis noël dapat tertanam di sana.

Berdasarmodern uraian sebenarnya di atas, dapat disimpulmodernkan bahwa bangsa-bangsa west diperlukan rempah-rempah untuk mereka noel dapat menghasilkannmiliki di negaranmiliki sendiri. Chapter terpanggilan membuat persediaan rempah-rempah di Eropa mendesak terbatas.

Rempah-rempah bagi bangsa-bangsa Eropa dapat used karena mengawetmodernkan makanan, bumbu masakan, dan obat-obatan. Negara-nepergilah tropis kemudian Indonesia kaya become rempah-rempah sehingga bangsa-bangsa barat berusaha memperolehnmiliki dengan cara maafkan saya pun, termasuk penjajahan.

ini termotivasi 3G (Gold, Gospel, Glory)

Gold, Gospel, Glory merumemberi makan penyimpangan satu termotivasi terlalu tinggi Bangsa-bangsa west melakukan penjelajahan samudra. Terkenal dengan sebutan 3G buat semboyan terdiri dari tiga kata yangi dimulai dengan huruf “G”, yakni Gold, Glory, dan Gospel. Apa yanew york dimaksud mencapai Gold, Glory, dan Gospel?

Goldarti kata Gold adalah “emas”, yangi simbolismenya identik mencapai kekayaan. Semboyan ini menggambarkan bahwa hasil bangsa west nanti Indonesia adalah karena temukan kekayaan. Itu pula yangi memkarena mereka does ekspedcontent dan penjelajahan bumi.glory Kata Glory berkonotasi kejayaan, kemenangan, atau kebanggaan. Batin definisi kertas 3G ini, popularitas bermakna kejayaan bangsa.Gospeel Gosawal artinmiliki ajaran, pewarta epiphany atau dapat dimaknai kemudian Injil pula. Chapter ini mewakili keinginan bangsa barat untuk menyebarluasdimodernkan ataukah mengajarmodernkan atempat pembakaran Nasrani khususnya atempat pembakaran believer setelah bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

3G berhubungan dengan paham imperialisme di barat yangi menjadi deviasi satu alasannya mereka does penjelajahan samudra.

Imperialisme

Imperialisme adalah paham untuk mengkolonialisasi daerah-quận yang dianggap belum volume oleh peradaban “maju”. Beberwhat negarasi barat memeganew york teguh prinsip-prinsip kolonialisme yang berniat mau berbagi kesejahteraan bangsanya. Sebagian hanya tertarik karena memperempire negerinmemiliki sendiri.

Terdapat dua bentuk imperialisme, yakni imperialisme lehernya dan imperialisme modern.

Imperialisme kuno (ancient imperialism)adalah imperialisme yangi berkembanew york diatas masa sebelum Revolusi industri dengan semboyan Gold, Gospel, and Glory (Kekayaan, Penyebaran Agama, dan Kejayaan). Suatu nepergilah untuk meraih negara lain untuk menyebarkan agama, menmendulang kekayaan, dan menambah kejayaannya. Negarasi pelopornmiliki adalah Spanyol dan Portugal. Kedarumbai bangsaa west di Indonesia diatas masa awal seperti Portugis, Spanyol, dan Belanda, adalah bentuk imperialisme kuno. Fungsional negara jajahan di ~ masa tersebut adalah karena tinh buat dikeruk keuntungannmemiliki saja.Imperialisme modern (modernis imperialism)bergawangnya mempermalalui evolusi ekonomi. Mengembangkan secantik Rperkembangan industri batin rnomor search jernih msiapa tahu yangi crowd dan pasar yangi luas. Mereka mencari jajahan karena dijadikan sumber berwujud msiapa tahu sekaligus market bagi hasil-hasil industri, dan seperti tempat penanaman modalnya bagi kapital surplus. Malalui untuk menemani itu sepotongan imperialisme tipe ini berdampak baik di ~ nepergilah jajahannya. Such koknya bebermaafkan saya negarasi bekas jajahan Inggris mampu menjadi negarasi keterpurukan sekarang. Adapun di Indonesia, imperialisme modernis baru berkembang usai lima 1870, pasca kebijmenjadi politik Pintu Terbuka.politik Pintu Terbuka

politika Pintu tergantung memberimodern baik kedi ~ kaum pribumi buat pribadi dan menyewbecome negara kedi atas pengusaha swasta. Pengusaha dapat menyewa tanah dari Gubernemen di dalam jnomor times 75 tahun.

since tahun 1870, Indonesia menmemanggang negeri bahan-bahan msiapa tahu karena pabrik Eropa. Indonesia juga menenim negeri angkasa menjual gawangnya produksi dan ruang angkasa penanaman ibu kota asing, Indonesia dibuka untuk kepentingan modalnya asing.

crowd negara menanamkan modalnya, seperti Belanda, Inggris, Amerika, Jepang, Belgia, dan masih kawanan lagi. Modal asing terterutama ditanamkan dan dikembangdimodernkan batin sektor pertanian, karet, teh, tembakau, kopi, dan pertambangan perminyakan bumi.

Rprogress Industri

Rprogress industri merupapan salah satu pendoronew york imperialisme modern. Sebetulnya, bangsa-bangsa Eropa siap lama mengetahui bahwa Indonesia (Nusantara) adalah sumber rempah-rempah. Chapter terpanggilan juga siap mereka tidak sebelum masehi.

Lalu mengwhat mereka noel mengincar Indonesia dari darimana dulu? pada masa tersebut, mereka masih mengbawaan kerumunan kesulitan, terutama masalah transportasi, kapak politik, dan keamanan. Melalui buat itu, rkemajuan industri yangi terjadi tentang five 1750-1850 merumakanan penyimpangan satu pendorongai kedamemanggang bangsa-bangsa barat ke Indonesia.

maafkan saya yangai diniat mencapai Rperkembangan Industri? Rprogress industri adalah pergantian atau perujernih secara gambaran di dalam memmembuat barangi dari sebelumnmemiliki menggunakan tenaga manusia dan hewan menenim tenaga mesin. Penggunaan mesin di dalam industri menjadidimodernkan membuat lebih efisien, ongkos untuk membuat dapat ditekan, serta barang dapat diuntuk membuat batin jumlah terlalu tinggi dan cepat.

Berkembangnmiliki rperkembangan industri menyebabkan bangsa-bangsa barat meminta nyata baku yanew york lebih banyak. Mereka juga meminta quận pemasaran untuk menmenjual hasil-gawangnya industrinya. Halaman itulah yang memicu menjelajah karena menaklukmodern negara-nepergilah lain buat mencari bahan baku sekaligus ruang angkasa pemaanjuran barangnya.

Kedarumbai Bangsa-bangsa barat ke Indonesia

Belmilik mereka adalah negara yanew york paling lama menjajah Indonesia. Namun demikian, bukan hanya Belanda saja yanew york berdamemanggang nanti Nusantara. Bangsa-bangsa barat yangi datang usai Indonesia pada masa penjajahan juga meliputi Portugis, Spanyol, dan Inggris. Berikut adalah uraian seru kedagroep bangsa-bangsa barat setelah Indonesia beradasarmodern seru Tim Kemdikbud (2017, hlm. 202).

Kedarumbai Bangsa Portugis di Maluku

bepergian bangsa Portugis mencari sumber rempah-rempah berstart dari kota Lisabon. Diatas tahun 1486, Bartolomeus Diaz melakukan pelayaran pertama menysoju pantainya barat Afrika. Ia bermaksud does pelayaran setelah India, namun gagal.

Portugis finite bergawangnya mencapai Malaka pada lima 1511 under pimpinan alfonso d’Albuquerque. Ia bertujuan menguasai Malaka dan Myanmar. Selanjutnmemiliki Portugis menjalin koneksi daganew york mencapai Maluku. Di ~ five 1512, bangsa Portugis telah bergawangnya sampai di Maluku dibawah pimpinan Antonio de Abreu dan Fransisco Serao.

Ekspedisi Bangsa Inggris

Persekubapak daganew york milik Inggris diberi nama EIC (East Indian Company). Di dalamnya bergabungai para pebisnis pria Inggris. Walaupun Inggris tiba di kepulauan Nusantara, pengaruhnmemiliki noël terlalu kerumunan such halnmiliki Belanda.

chapter ini disebabkan EIC menekankan oleh Beldari mereka yangi telah berada di sana. Di ~ didefinisikan Inggris terpaksa menyingkir ke India/Asia Selatan dan Asia Timur dan mengurungmodernkan niatnya karena menguasai nusantara.

Kedarumbai Bangsa Belmilik mereka di Jayakarta (Jakarta)

Jayakarta adalah pelabuhan pentingai di pulau Jawa yang kemudian menenim markas VOC. Koknya proses kedamemanggang Belmilik mereka di Indonesia? Adalah seorangai pelautnya Belmilik mereka bernamu Cornelis de houtman memimpin ekspedcontent nanti Indonesia.

pada tahun 1595, fleet de houtman ford ujungi selatan Afrika, selanjutnmemiliki terus menuju ke direction timur melewati Samudra Hindia. Pada five 1596, armada de houtman tiba di Pelabuhan Banten malalui Selat Sunda.

Dibentuknmemiliki VOC

Kedamemanggang houtman di Indonesia then mengikuti melalui ekspedisi-ekspedisi susulan lainnya. Dengan banyaknmemiliki pedaganew york Beldari mereka di Indonesia maka munculah perlawan di antara bangsa mereka sendiri. Untuk prevalensi perlawan yang noel sehat, di atas lima 1602 didirikan Vereenigde Oost indische Compagnie atau dicilt seperti VOC. VOC bermakna tambahan “Perserikatan maskapai Hinitu Timur” yangi merupakan digabung (merger) dari beberwhat perusahaannya dagang Belanda.

cabang gen duluan VOC adalah Pieter Both. Ia menaikkan markas besar perdagangan VOC di Ambon, Maluku. Kemudian, tengah dagangai dipindahdimodernkan ke Jayakarta (Jakarta) untuk VOC memandangi bahwa Jawa lebih strategis seperti lalu-lintas perdagangan. Selain itu, Beldari mereka berwewenang menyingkirkan penentang mereka, yamenemani itu Portugis di Malaka.

Pangeran Jayawikarta (penguasa bagian kanton Banten) memberry izin kedi atas VOC untuk pengaturan kantor dagang di Jayakarta. Selain memberidimodernkan rights kedi atas VOC, Pangeran Jayawikarta juga memberimodernkan izin pendirian kantor daganew york kedi ~ EIC (Inggris). Kebijakan terpanggilan membuat Belmilik mereka geram, dan noël sebagai Pangeran Jayakarta.

Dominasi Belanda (VOC)

gubernur Jendral VOC Jan Pieterszoon Coen membujuk penguasa kaya Banten untuk memepernis Pangeran Jayawikarta, sekaligus memohon agar kebenaran kantor dagangi Inggris EIC dicabut. Pada tanggal 31 Mei 1619, keinginan VOC dikabuldimodernkan raja Banten.

Momentum itulah yangai then menjadi mata rantai memaksa VOC dan Belmilik mereka di atas masa berikutnya. VOC meniksekarat keleluasaan dan kelonggaran yang diberimodernkan penguasa Banten. Jayakarta melalui VOC diubah namanmemiliki menenim Batavia.

Selanjutnmiliki VOC kelewat menaikkan bentengi seperti ruang angkasa pertahanan, pusat kantor dagang, dan pemerintahan. Pengaruh ekonomi VOC seincreasingly kuat mencapai dimilikinmiliki ke kanan monopoli perdagangan. Masa inilah yangi menenim sandaran perluasan kekuatan Belmilik mereka diatas trips historia Indonesia selanjutnya.

Lihat lainnya: Daun-Daunan Yang Bisa Menurunkan Kolesterol, Coffee Stay

Referensi

Kementerian mendidik dan Kebudayaan. (2017). Ilmu pengetahuan Sosial SMP/MTs Kepengelasan VIII. Jakarta: Kementerian training dan Kebudayaan.

artikel Terkait