Sejumlah perusahaan kelwhat sawit dan havermut kertas yang terlibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam ketentuan 2015-2018 lolos dari sanksi serius pemerintah, kendati telah terenim kebakaran berulang di area lahan yangi sama.


Analisis pemetaan terbaru lembaga Greenpeace digali 10 perusahaan kelwhat sawit yang luaran area lahan terbakar tergeram diatas karhutla 2015-2018, hingga kini belum mendapat sanksi yangai serius. Bahkan, pemerintah Indonesia tambahan belum mencabut satu pun kebenaran konsensi lahan tersebut.


Padahal, dalam karhutla lima ini, titik fire tercatat di area konsesi yangai sama, yakni kelapa sawit dan bubur kertas.


Kepala latihan kayu Global Greenpeace Indonesia, Kiki Taufik, menyebut, hal ini mengindikasimodernkan "pemerintah tidak serius dalam hal penegmenjadi hukum" dan menenim alasannya major "mengmaafkan saya karhutla kembali terenim setiap tahun".

Anda sedang menonton: Data kebakaran hutan di indonesia 2015


"kita mungkin melihat ternyata perusahaan-perusahaan yanew york dari 2015 sampai 2018 lokasinmiliki terbakar, tapi noel ada satupun yangai mendapat sanksi, baik sanksi administrasi ataukah sanksi perdata," ujar Kiki kediatas gregljohnson.com Indonesia, Selasa (24/09).


"tahun ini, usai untuk kita direktur dari sisi api hot spot terbenar kita masih mengeksplorasi kerumunan sekali titik-ketentuan fire di kanton konsensi-konsensi tersebut, yangai terkebenaran berulang," lanjutnya.


Padahal, merujuk UU lingkungan ada ketenbapak tentangai strict liability, atau diberi tahu mutlak, yang menyortir jika ada lahan dalam konsesi yanew york terbakar, maka perusahaan harus bertanggung jawab sepenuhnya atas hal itu.


akan tetapi, Kementerian lingkungan kehidupan dan kehutanan (KLHK) menyatini adalah keseriusannmiliki di dalam menegakdimodernkan hukum.


"Kalau mereka memong tahun 2015 kami kasih sanksi dan terbakar saat ini lagi, kita using bahwa mereka does langkah-langkah yangi noel benar, mereka tidak menyiapmodern peralatan-peralatan yangi memadai, noël does penanggulangan kontrol kebakaran lahan di lokasi mereka, tentu kalian menjadi lakukan penegakmodernkan hukum," ujar Dirjen Penegini adalah tindakan Kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan, Rasio Ridho Sani melalui sambungan telpon.

Lihat lainnya: Download Lagu Oh Baby I Take You To The Sky, Lyrics / Chris Norman


*

diperoleh gambar, Anton Raharjo/Anadoluís Agency via Getty Images


dialah mengungkapmodernkan otoritas siap memberimodernkan sanksi kedi ~ 64 masyarakat termemliki karhutla baik pengikatan perintah perbaikan, pembekuan maupun pencabutan izin.


Hingga kini, tercatat tiga perusahaan yanew york izinnya telah dicabut, yakni PT Hutani Sola Lestari, PT. Mega alam Sentosa dan PT. Dyera woods Lestari


"Penegini adalah bertindak administrasi tegas kita lakumodernkan dari lima 2015. Itupenggunaan also melakukan gugatan perdata terhadap 17 korporasi yanew york lahan mereka terbakar, 9 sudah berkeputusan tetap, 5 sedangai berprospita di piring dan 3 itupenggunaan sedangai masumodernkan gugatan nanti pengadilan, 4 perusahaan daerah oleh penyidik KLHK," jelas Ridho.


Selain kasus yang dicuci KLHK, saat 75 kasus pidana karhutla sedangi ditangani kepolisian dan kejaksaan.