mengajukan Regulasi Layanan RB Data berita Galeri Info
*

Mimbatangan Dakwah Sesi 29 : restriksi Berkata berbisa
melalui :

YudiYansyah S.Pd.i

(Penyuluh Atempat pembakaran Islam Kecamatan Bojongai Gentengi

Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi)

 

 Assalamu"alaikum Wr.Wb.

Anda sedang menonton: Dalil untuk wanita yang berkata kasar

 

Seringkaliitupenggunaan tidak sadar jika kita sedanew york dalam keadaan emosi yangai memuntuk mulut bisaberkata bruto dan menyakiti trấn orang lain. Perluís diketahui, bahwa halterpanggilan sangat dilarangai melalui Allah, Allah melarang umat muslim menyakiti hatiorang lain mencapai mengucapkan inskripsi berbisa yangi dapat memicu permusuhan danpertengkaran.

 

Terlebihacap kali itupenggunaan lihat bahwa jumlah orang kasar terpanggilan kerumunan di ucapmodern lewatmedialah online dengan menggunjingai orangai lain.

 

AlImam Tirmidzi meriwayatmodernkan batin Sunnahnya, sesuai Rosululloh bersabda:

مَا شَيْءٌ أَثْقَلُ فِيْ مِيْزَانِ الْمُؤْمِنِيَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ خُلُقٍ حَسَنٍ وَإِنَّ اللهَ لَيُبْغِضُ الْفَاحِشَ الْبَذِيْءَ

“Sesungguhnyanoel ada sesuatu apapun yangai paling memuat ditimbangan kebaikan seoranew york mu’minpada hari kiamat sebagai akhlaq yang mulia, dan sungguh-sungguh (benar-benar)Allah benci menjangkau oranew york yangi lisannmemiliki polusi dan kasar.”

(HaditsRiwayat At Tirmidzi nomor 2002, haad ini hasan shahīh, lafazh ini milik AtTirmidzi, penampilan Silsilatul Ahadits Ash Shahihah No 876).

 

Dalamaku aku aku ini untuk kita kronik bahwa Rasulullah SAW telah mengkaitmodern antara akhlaqyangi mulia dengan linguistik yanew york kotor. Seakan-menjadi bahwasanmemiliki kalau their inginmenmemanggang orangai yang berakhlaq mulia jangan memiliki verbal yanew york kotor. Maka jagalisan kita. Sesungguhnmiliki orangi yanew york berkata bruto dibenci oleh Allah swt.

 

Kaummuslimin di didik dengan ajaran agama yangai tepat dan lurus. Ibang itu rahmatanlil’alamin (menebatangan kasih sayangi terhadap sesama) dan mengutammenjadi akhlak mulia(akhlaqul karimah).

 

DariAbu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِفَلْيَقُلْ خَيْرًا، أَوْ لِيَصْمُتْ

“Barangsimaafkan saya bermemercayai kepada Allah dan aku akhir, maka berkatalah yanew york baik dan jikanoël maka diamlah.” (HR. Bukaku no. 6018 dan Muslim no. 47)

 

Sifatorangi bermemercayai pula tidaklah mengumpat mencapai catatan dan tingkah laku. Ancamanbagi mereka yangai mencela such di jelasdimodernkan batin surat Al Humazah berikut:

وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ

“Kecelakaanlahbagi setiap pengumpat another pencela” (QS. Al Humazah: 1)

 

Ayatini adalah ancaman bagi oranew york yangi mencela yangai lain mencapai perbuatan danmengumpat menjangkau ucapan. Hamaz adalah mencela dan mengumpat orangi lain denganisyarat dan perbuatan. Sedangkan lamaz adalah mencela orang lain dengan ucapan.

Ancamanwail di dalam ayat pada adalah ancaman berat. Penyimpangan satu penafsiran menyatakanwail adalah lembah di neraka.

 

Jugatengah orang yanew york tidak bmalalui mengikuti adalah orangi yanew york kawanan menyebutmenjangkau inskripsi kotor. Sekoknya disebutmodern di dalam ayat: “Yangi banyakmencela, yang keian setelah mari menghambur fitnah.” (QS. Al Qalam: 11).

 

Mukminataukah muslim yanew york baik noël menjadi berkata keji, kotor, melaknat, mencela, dansebagainmemiliki yang buruk-buruk. Muslim sejati ini adalah omong sopan, santun, tidakmenyakiti trần oranew york lain, dan selalu baik batin berbicara atau berkomentar.

 

Maka,jauhilah catatan kasar, hindari kebiasaan suka untuk mengolok-olok orangai lain, sukamenjatuh orangi lain, shang sutet orang lain, kelewat sampai memfitnahorang lain.

Lihat lainnya: Film The Scorpion King No Sensor, The Scorpion King (6/9) Movie Clip

 

Semogakita diberi kekuatan untuk menjadi Muslim yangi baik, taat perintah Allah danRasul-Nya, tersirat orangi yang noël berkata kasar, kotor, keji, mengumpat, dansebagainya. Aamiin. Wassalamu"alaikumWr.Wb.