Jakarta, IDN Times - lima 2021 baru menjamu bulan kesepuluh. Namun, cantik ada tujuh kepala quận yangi menmemanggang tersnomor dugaan korupsi.

Anda sedang menonton: Daftar kepala daerah yang terjerat kasus korupsi

Dari tujuh oranew york yangi terjerat korupsi, lima di antaranmiliki merumakanan Bupati. Lalu, dua sisanmemiliki adalah seorangai gubernur dan wali kota.

Jika diusing dari kain lap partai, NasDem dan Gokar menjadi partai penyumbangi kepala menyiksa yangi terjerat kasus korupsi di 2021. Kedua partai yang tergabungi batin Koalisi Indonesia keterpurukan akun itu sama-kemiripan memiliki dua kepala quận yangi terjerat korupsi.

Siapa saja kepala menyiksa tersebut? Berikut rinciannya.


1. Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah


*

gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menenim kepala quenn pertama yangai terseret kasus korupsi dan kerja tangkap tangan (OTT) KPK. Kader PDI Perjuangan menemani itu terjaring OTT dalam melayani gubernur Sulawesi Selatan di ~ Sabtu, 27 Februari 2021 dini hari.

Ia ditetapmodern sebagai tersnumeral dugaan korupsi proyek infrastruktur di Sulawesi Selatan diatas lima anggaran 2021. Selain Nurdin, saat menemani itu KPK also divisi dua oranew york lainnmiliki kemudian tersangka.

mengutip laporan Harta kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) terakhirnya, Nurdin Abdullah memiliki wealth lebih dari Rp51,35 miliar. Harta dan kekayaan terpanggilan terdiri dari 54 negara dan bangunan yang tersebatang di Bantaeng, Makassar, Soppeng, dan Tangeranew york sebiaya Rp49,36 miliar. Selain itu, ia tercatat memiliki sebuah mobil Alphard sepengeluaran Rp300 juta.

Pria yang pernah menjabat such bupati Bantaenew york dua ketentuan ini tambahan memiliki kas dan setara kas secost Rp267 juta, harta lainnmiliki Rp1,15 miliar, dan utang Rp 1,25 juta.

baca Juga: kronologi KPK Tangkap bupati musi Banyuasin, Tersnomor Sdamp 4 Proyek


*
Mantan wali town Tanjungbalai shahrial (Instagram.com/h.m.syahrial)

tutor town Tanjungbalai, Sumatra utara menenim kepala quenn kedua yangai terseret kasus korupsi diatas 24 April 2021. Kader Partai golkar terbukti dan dinyatbecome together buat telah menyuap eks Penyidik KPK AKP Stepdubur Robin Pattuju dan menganjurkan bernama Maskur Husain sepengeluaran Rp1,695 miliar.

di dalam persidangan terungkap bahwa suap itu diberimodern agar KPK noël rejang pemeriksaan dugaan suap lelang jabatan. Kasus ini turut menarik mantan Wakil Kebaşı DPR Azis syamsuddin dan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar.

Azis disebut berperan mengenalmodernkan shah haria dan Robin, sementara Lili terbukti berdeviasi buat menyampaikan mencapai orangai yang beperkara. Saat ini Azis telah ditangkap atas kasus lain, sementara Lili siap divonis berdeviasi dan mendapat pemotongan pembayaran 40 persen selama setahun.

kutipan LHKPN terakhirnya, syahrial tercatat luaran properti Rp11,6 miliar. Jumlah itu terdiri dari delapan tanah dan bangunan sepengeluaran Rp9,1 miliar, alat transportasi dan machin sebiaya Rp1,78 miliar, serta harta bergerak lainnmiliki sepengeluaran Rp342 juta, kas dan parity kas Rp396,78 juta.


Novi Rahman Hidayat. (facebook.com/Mas Novi Bupati)

bupati Nganjuk, Jawa Timur, Novi Rahman Hidayat ditetapmodern menenim tersangka korupsi di atas Senin, 10 Mei 2021. Kader Partai revitalisasi Bangsa ini ditetapmodern seperti tersnomor together pembantu dan empat orangai camat setelah terjaring di dalam OTT KPK.

Para camat terpanggilan memberikan sejumlah uang di ~ Novi lewat pembantu termemliki menjangkau mutasi, promosi, dan pengisian jabatan di tingkat kecamatan Kabupaten Nganjuk. Penangketika ini merumakanan kerja sama antara KPK mencapai Bareskrim Mabpita POLRI.

Dari informasi LHKPN last yangi ia laporkan, Novi tercatat pribadi kekayaan secost Rp116,8 miliar. Pria 41 tahun itu tercatat memiliki 32 negara dan bangunan sebiaya Rp58,6 miliar. Tanah dan bangunan menemani itu tersebatangan di Kediri, Nganjuk, Jombang, town Malang, Purworejo, Tangerang, champa Selatan, Surabaya, hingga Kotawarmau Timur.

Tak just tanah, harbertanya juga berupa tiga kendaraan sepengeluaran Rp764 juta yang terdiri dari pengangkutan Toyota Harier 2005, pengangkutan Suzuki Katana 2006, dan pengangkutan Toyota Hiace 2011.

Novi also memiiki harta bergerak lainnya sepengeluaran Rp1,2 miliar, suratnya berharga Rp32 miliar, kas dan setara kas Rp26,4 miliar, dan debt Rp2,4 miliar.


*

bupati Probolinggo, Jawa Timur Puput Tantriana Sari dan anggota DPR dari Partai NasDem, Hasan Aminuddin terjaring OTT KPK pada Senin, 30 Agustus 2021. Pasangan suami dan istri akun itu diduga mematok tari Rp20 juta kedi ~ calon kepala desa di Probolinggo.

Selain Puput dan Hasan, KPK juga pembelahan Doddy Kurniawan (Camat Krejengan), Sumarto (Pejabat Kadtape Karangreng), Poniriin (Camat Kraksaan), Imam Syafi"i (Camat Banyuayar), Hary Tjahjono (Camat Gading), Muhammad Ridwan (Camat Paiton), Pitra Jaya Kusuma (Ajudan), dan Faisal Rahman (Ajudan) kemudian tersangka.

Selain menerima suap, bupati Puput dan suaminmemiliki turut menenim tersnumeral tindak pidana penucian uangai (TPPU) dan gratifikasi.

cited LHKPN terakhirnya, Puput tercatat memiliki wealth Rp10 miliar. Harta itu terdiri dari 10 negara dan bangunan sasaran sendiri secost Rp2,163 miiar yangi tersebar di Probolinggo. Selain itu, ia tambahan luaran sebuah gerbong Nissan Juusai 2011 secost Rp100 juta. Wanita 39 lima ini tambahan luaran harta bergerak lainnmemiliki secost Rp797.165.100, surat berharga senilai Rp4,5 miliar, serta kas dan setara kas Rp2.459.101.806

baca Juga: Harta bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari Capai Rp10 Miliar


*
bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono (Instagram/

bupati Banjarnegara, Jawa markas besar Budhi Sarwono ditangkap KPK diatas Jumat, 3 September 2021. Ia diduga menerima suap Rp2,1 miliaran terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Banjarnegara.

mengutip LHKPN terakhirnya, Budhi tercatat punya harta sepengeluaran Rp23.812.717.301 per 2020. Harta tersebut naik sekitar Rp4,6 miliaran dari mulai ia menjabat seperti bupati.

bupati yang diusung Partai Demokrat, Golkar, dan Partai Persatuhan Pembangunan (PPP) ini tercatat luaran satu tanah dan bangunan di Kabupaten Banjarnegara secost Rp1,1 miliar. Ia tambahan pribadi tanah di Banjarnepergilah senilai Rp132,9 juta.

Budhi juga melapormodernkan bahwa ia memiliki harta bergerak lainnmiliki Rp54,2 juta, suratnya berharga sepengeluaran Rp10,8 miliar, serta kas dan setara kas senilai RP11,6 miliar. Berdasardimodernkan LHKPN, Budhi tercatat tak punmemiliki hutang dan kendaraan.


*
bupati Kolaka Timur, andi Mermiliki Nur, saat memimpin sebuah acara seremonial. (Instagram.com/andi_merya_nur)

bupati Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara dan saya Merya terjaringai OTT KPK di atas Selasa, 21 September 2021. Selama ditangkap, KPK turut menahan lima orang lainnmemiliki dan penyitaan uang senilai Rp225 juta.

Andi, Kepala Badan Penanggulangan plague quenn (BPBD) Kolaka Timur Anzarullah, beserta empat orangai lainnya telah ditetapkan sebagai tersnumeral batin kasus dugaan sbasah infrastruktur dari dana hibah Badan Nasional Penanggulangan hama (BNPB).

kutipan LHKPN terakhirnya, kader Partai NasDem ini tercatat luaran harta sepengeluaran Rp434,6 million yang terdiri dari sebuah tanah seluasbutuh 8 ribu meter persegi di Kabupaten Kolaka Timur senilai Rp90 juta. Tanah tersebut ia mendulang melalui hibah.

Selain itu, dan saya tercatat noël luaran tool transportasi dan surat berharga. Namun, ia punya harta bergerak lainnya sepengeluaran Rp374,4 million serta kas dan setara kas sebiaya Rp13.678.198.

dibaca Juga: KPK Dalami diperoleh Uangi Rp1,5 M yangi held penasihat Dodi Reza Alex


bupati Kabupaten musi Banyuasin (Muba), Sumatra Selatan Dodi Reza Alex Noerdin menmemanggang kediatas menyiksa last yanew york ditangkap KPK hingga artikel ini dimuat. Saat OTT, KPK penyitaan uang sebiaya Rp270 juta dan Rp1,5 miliar yanew york disimpan melalui MRD atau Mursyid selaku penasihat bupati.

Dodi ditangkap karena menerima skelembaban dari masyarakat buat memenangmodernkan tender diatas sejumlah proyak yangi dananmiliki sumber dari APBD, APBD-P tahun budget 2021, dan bantuan fiskal Provinsi.

Lihat lainnya: Dalam Satu Paragraf Ide Pokok Hanya Ada, Get Success Un+Spmb Bahasa Inggris

Empat proyek yangai dikarsa adalah:

1. Rehabilitasi quenn disiram Ngulak III (IDPMIP) di Desa Ngulak III, Kec. Sanga dengan cost kontrak Rp2,39 Miliar.2. Peningkatan Jaringan sprinklers DIR Epil mencapai biaya kontrak Rp4,3 Miliar.3. Peningkatan jaringan sprinklers DIR mulut pertimpan dengan biaya kontrak Rp3,3 Miliar.4. Normalisasi Danau Ulak Ria Kecamatan Sehutan mencapai pengeluaran kontrak Rp9,9 Miliar.

cited LHKPN terakhirnya, kader Partai golkar ini tercatat punya Rp40,3 miliar dan utang Rp1,9 miliar. Total, Dodi luaran harta properti bersih segeram Rp38,4 miliar