*

dengan mengenali jenis-tipe dan katakter pestisida, menjadi agak mudah petani dalam menjangkau efektivitas, efisiensi pengendalian serangga dan penyakit tanaman.

Anda sedang menonton: Daftar bahan aktif pestisida dan kegunaannya

Istilah pestisida berorigin dari bahasa Inggris, yaitu pesticide. Sechara harfiah kata “pest” artinyahamaataupenggangguyanew york acibe hanya merujuk di atas organisme hewan (serangga maupun mamalia). Sedangmodern kata “cide” berartibasmiataubunuh. Enim sechara kecil pestisida bermakna tambahan “pembasmi hama”.

buat lebih menyederhanakan, istilah pestisida lebih diperdiskursif noël just pembasmi serangga saja tetfire sebagai juga mencakup organisme pengganggu baik di atas tanaman, hewan, maupun pada bangunan. Organisme pengganggu yangai didengan sengaja noël hanya hewan dan serangga tetapi tambahan untuk mikroorganisme dari golongan fungi / cendawan maupun bakteri.

memberantas atau menghindari hama-serangga dan diseases yangi mesalah tanaman, fragment botani atau hasil-hasil pertanian;memberantas rerumputan;mematimodernkan daun dan prevalensi pertumbuhan yangi noël diinginkan;mengatur atau merangsang pertumbuhan botani atau pecahan tanaman noël tersirat pupuk;memberanberpenaruh ataukah prevalensi hama-hama luar diatas hewan-hewan piaraan dan ternak;memberankantong atau mencegah hama-hama air;memberanberpenaruh ataukah preventif binatang-binatang dan jasad-jasad renik batin rumah tangga, bangunan dan di dalam alat-alat pengangkutan; dan/ataumemberankantong ataukah mencegah binatang-binatanew york yang dapat berakibat penyakit pada umat ​​manusia atau binatang yang perluís dilindungai menjangkau penggunaan pada tanaman, tanah atau air.

Organisme pengganggu tanaman :

Golongan insekta atau serangga, mencakup ulat, larva, serangga pengisap, tungau ataukah akarina, penggerek.Golongan mikroorganisme, meliputi bakteri, aktinomiset ataukah kapanew york dan familial fungai lainnya.Golongan virus, yangi sebenarnya masih kontroversial untuk sepotongan ilmuwan mendefinisikan viridans bukanlah organisme lives melaindimodernkan molekul protein yang pasif dan menjadi menenim active jika menuntuk menang inangnya.Golongan moluska ataukah hewan lunak tidak bertulang belakangai such siput, keong.Golongan mamalia seperti tikus (rhodent), babi hutan.Golongan unggas atau avis such burungi pembecome biji-bijian.Golongan nematode yangai merumakanan keluarga cacing.Gulma terdiri dari tumbuhan liar yang bersainew york menjangkau botani budidamemiliki batin perebutan nutrisi, terdiri dari rumput, alang-alang.

tipe PESTISIDAberdasar ORGANISMESASARAN:

Insektisida: berwujud untuk mengendalimodern atau membunuh serangga dari golongan serangga sechara umum.Fungisida: berwujud untuk mengendalikan, killing atau amblesnya pertumbuhan jamur atau fungi.Bakterisida: bahan buat mengendalikan, membunuh atau cakupan perkembanganHerbisida: jernih untuk mengendalikan, pembunuhan atau jangkauan pertumbuhan botani pengganggu ataukah gulmaMoluskisida :racun buat mengendalikan ataukah killing serangga golongan siputNematisida: meracuni buat mengendalimodernkan nematoda ataukah cacinew york parasit di dalam tanah.Algasida: nyata untuk mengendalimodern alga.Mossida: bahan karena membasmi ataukah membatasi pertumbuhan lumut.Rodentisida :racun karena mengendalimodern tikus dan binatangai pengerat lain.Activator :yaakun itu majemuk kimia karena mengaktifmodern aset imun di atas tanaman, dan sebenarnya tidak implisit batin golongan pestisida, tetfire lebih ditujumodern untuk pengayaan ketahanan alamiah botani terhadap tabrakan diserang serangga dan penyakit.

Selain di ~ ada bebermaafkan saya penggolongan yangai lebih kekhususannya diatas membidik / sasaran. Such akarisida, aphisida, termisida, larvasida, ovisida yang acibe tergolong antiseptik juga dan adakalanmemiliki mengandungai nyata aktif yangai kesamaan diatas antiseptik namun di dalam regulasinya dan dosis pemakaiannmemiliki ditujukan karena pemakaian di ~ types atau stadia serangga sasaran yangai spesifik.

Akarisida :bahan untuk mengendalimodern serangga serangga khusus dari jenis tungau (akarina atau mite). Dipanggilan tambahan mitisida.Aphisida :nyata untuk mengendalikan hama serangga spesialisasi jenis aphid.Termisida :bahan buat mengendalimodernkan serangga serangga spesialisasi jenis rayap.Larvasida :jernih untuk mengendalimodernkan serangga serangga di ~ stadialah larva.Ovisida :jernih untuk mengendalimodernkan serangga diatas stadialah telur

Agar aplikasi pestisida diatas pertanian efektif, aman dan efisien pengguna harus mengetahui jenis, klasifikasi dan karakteristik pestisida yang dipakai. Tidak punya dipahami faktor-faktor tersebut maka ada beberwhat tabrakan negatif berkaitan mencapai hasil aplikasi pestisida :

OPT tidak dibuat untuk bahan aktif yanew york tangan kedua noël sesuai.

Timbulnmiliki imun sebenarnya penggunaan satu tipe bahan positif sechara terus menerus.

Punahnmemiliki musuh alami serangga yang justeru menguntungmodern bagi petani.

Rusaknmemiliki lingkungan dan keracunan bagi pengguna maupun hewan ternak.

intervensi pertumbuhan botani akibat penggunaan dosis yanew york berlebihan.

Degradasi pestisida buat pendicampur lebih dari satu bahan aktif sehingga menimbulmodernkan menjawab kimiaw yanew york mengubah structure molekulnya.

memengaruhi residobel di ~ berantai makanan.

sampah biaya, waktu dan tenaga.

dampak lain acibe penggunaan pestisida secara kurang benar adalah munculnyaresurjensi hamayamenyertainya pembayaran di muka populasi hama serangga secara besar-besaran ke penurunan populasi asibe penggunaan pestisida spektrum diskursif sechara massal. Selain menemani itu ada fenomenamutasi hamayanew york dikaitmodern mencapai munculnya strain-strain hama baru untuk serangga yanew york lama mengbawaan mutasi genetic seperti prospita kemajuan adaptik batin memenjawab tekanan di luar yaakun itu aplikasi pestisida oleh petani. Strain-strain baru ini selama beberwhat times lebih melawan dan mampu menyesuaikan diri terhadap tekanan dan lebih melawan terhadap bahan-bahan kimia sebelum ditemukannmemiliki nyata positif atau metode baru yangai lebih spesifik.

PESTISIDA MENURUT PENYUSUN bahan AKTIFNya :

1. Pestisida organik:

Adalah pestisida yangai di dalam susunan kimia berwujud aktifnmemiliki terdapat gugus karbon ( C ). Mayoriberpenaruh pestisida yang diedarkan saat ini dari tipe organik seperti golongan organoklorin (yangai sebagian sudah dilarang ataukah dibatasi), organosulfur, organofosfat. Sepotongan jenis organik merupakan sama, serupa ataukah imitasi dari menggabungkan beracun yanew york terdapat di atas tanaman atau dari mikroorganisme.

heifer crowd yangi asumsi pestisida penting adalah yangai berasal dari tumbuhan atau natural seperti gerbang kutipan tanaman. Pestisida yangi berasal dari tumbuhan atau isolat beracun mikroorganisme bisa ~ saja menjerat organik buat luaran gugus karbon di dalam susunan kimianya. Ini adalah tetapi pestisida organik noël semuanya berasal dari tumbuhan atau mikroorganisme.

2. Pestisida anorganik

Adalah pestisida yanew york batin susunan kimia berwujud aktifnmiliki tidak terdapat gugus karbon. Pestisida generasi terdahulu kawanan yangai tipe anorganik dan saat ini pemakaiannya dibatasi kelewat dilaranew york malalui komisi pestisida buat damemiliki racunnmemiliki yang mendesak kuat dan sulit terurai. Contoh yangai diperpanjang adalah aldrin, senyawa-senyawa arsenik, sianida (potassium sianida / potas), merkuri. Sedangmodern yanew york masih bmelalui dipergunini adalah hingga sekarang seperti beberwhat fungisida tembaga (tembaga oksida, tembaga hidroksida, tembaga oksi sulfat), sulfur, asam fosfida, boperbandingan (insektisida), zinc fosfida (rodentisida) dan ammonium sulfamat (herbisida).

PESTISIDA MENURUT asal DANPROSpita pengukur bahan AKTIF:

1. Pestisida bawaan (natural):

Adalah pestisida yangi berwujud aktifnya berorigin dari alam. Ada yang menyebut jenis ini mencapai istilah pestisida organik untuk memong ada bahan-berwujud yang berasal dari organisme (mahluk hidup). Jenis-jenisnmemiliki antara lain :

a. Botanical,yanew york jernih aktifnya berasal dari botani misalnmemiliki piretrin dari crysanthemum pirethrum, azadirachtin dan nimbidin dari mimba, rotenon dari ektrak tuba, dan nikotin dari abstrak tembakau, ryanodin dari ryania speciosa. Ada lainnya limbah penggilingan jagung yangai disebut gluten seperti herbisida.

Beberapa keunggulan pestisida botanik diantaranmemiliki lebih aman bagi pemakai,tidak mempunyai memengaruhi residu panjang, keramahan lingkungan, fitotoksisiberpenaruh & boverhead lethalaman effect inferioritas sehingga aman bagi tanaman, pengaturan luas.

Sedangmodernkan kelemahannmemiliki antara lain dosis aplikasi relatif tinggi, knock dibawah effect-nmiliki rendah sehingga serangga sasaran tidak langsung mati, noël dapat disimpan dalam times lama usai hidrat dibuka, sumber berwujud bakunya terbatas, kuranew york kekhususan karena OPT tertentu.

b.Isolat mikrobial, yangi bahan aktifnmemiliki berorigin dari metabolit sekdibawah / sekresi mikroorganisme (bakteri, jamur, virus) yangai bersifat racun, contohnyadelta endotoksindari sekresi kolitis Bacillus Thurigensis,streptomisin(bakterisida dan antibiotik) daristreptomycesgriseus. Beberwhat tahun last adaabamectin, emamectin, ivermectin(avermektin) dari kapangStreptomyces avermitilis,spinosad(spinosin) dari bakteriSaccharopolyspora spinosadanazoksistrobin(stribilurin) dari fungiStrobilurus tenacellus.

atasan isolat mikrobial diantaranmemiliki bersifat antibiotic sehingga damemiliki bunuhnya lebih kuat, mudah dimetabolismemodernkan melalui sel-sel botani jika sistemik, dapat mengatasi OPT yangi telah melawan terhadap pestisida lain.

Sedangkan kelemahannyaOPT sasaran lebih sederhana dan cepat resisten, harganya kerabat lebih mahal.

c.Pestisida biologis,yangai merumemberi makan mikroorganisme kehidupan diantaranmemiliki bakteri, fungi, viridans yanew york dapat menginfeksi organisme pengganggu botani secara langsungi mapupun mencapai mengeluarmodernkan zat-zat toksik yangai dapat killing ataukah menemodernkan evolusi organisme pengganggu tanaman. Perbedaan mencapai isolat microbial yangai dibiakmodern di pabrik untuk dipanen senyawa-majemuk racunnya, biopestisida ini diinokulasi dan dibiarmodernkan berkembang biak di lahan untuk hidup sechara alami dan mengmembuat senyawa-majemuk beracun buat pembunuhan organisme pengganggu, atau hidup mencapai mengdiencerkan organisme pengganggu tanaman seperti inangnmemiliki hingga inanew york tersebut mati.

Contohnmiliki dari golongan cendawan diantaranmiliki gliocladipum yangai menghasilkan majemuk gliovirin karena membasmi funew york patogen, trichoderma spp yangai menguntuk menghasilkan enzim menghasilkan1,3-β- glukanase yang mendegradasi dindingi sel miselium fung patogen,metharizium anisoplaeyangi menjangkiti serangga kemudian inanew york hingga didefinisikan mati. Dari golongan radang usus besar misalnyaBacillus thuringiensisyangi dapat mengontrol ulat plutella dan helicoverpa,Corynebacterium buat mengontrol xanthomonas dan Pyricularia Oryzae di atas botani padi. Sedangmodernkan yangai berupa viridans yaituSpL-NPV(Spodoptera Litura – Nuclear Polyhedrosis Viruses) karena mengendalimodern ulat spodoptera litura.

pengawas dari pestisida biologis diantaranmemiliki dampaknmemiliki bisa mesecara luas untuk subjek yanew york siap bermenyesuaikan mencapai lingkungannmemiliki dapat terus berkembangi biak dan menular,ramah lingkungan, noel meninggalmodern residu di ~ berantai makanan.

Sedangkan kelemahannya antara lainperlouis waktu untuk berinkubasi dan sebelum berkembangi biak sebelum bepergerakan aktif,untuk merupakan organisme kehidupan pestisida biologis noël dapat diaplikasimodern bersama dengan pestisida kimiawi lain, jika ekosistemnmiliki noel mendukung maka perkembangbiakannmemiliki mungkin terhambat.

2. Pestisida sintetik / analog:

Merumakanan tujuan rekayasa kimia yangai dikarena di pabrik. Kebanyini adalah salinan struktur kimia tautan yanew york terdapat diatas pestisida bawaan botanical misalnyasyntethic pirethroid(golongan piretroid) yang meniru susunan menggabungkan kimia piretrin padachrysanthemum piretrum,nicotinoidyangai merumemberi makan analogis dari menggabungkan nikotin pada tembakau,ryanoidyanew york merupakan serupa dari menggabungkan ryanodin di atas botani ryania speciosa.

Pestisida sintetis punya keunggulan diantaranmemiliki daya racunnmemiliki lebih tinggi, sasarannya lebih spesifik, dosis penggunaan relatif lebih rendah, sederhana didapat di pasaran, dan lebih genggamnya lama disimpan.

Lihat lainnya: Download Lagu Pasto Aku Pasti Kembali Stafaband, Download Lagu Aku Pasti Kembali Oleh Pasto Mp3

Adapun kelemahannmiliki antara lain: merusak lebih lama sehingga menimbulmodernkan residu pada tujuan panen, aplikasi yang terlalouis intens akan menimbulkan resistensi serangga sasaran dan mesalah lingkungan, mematikanpredator innate (musuh bawaan hama), variasinya lebih crowd sehingga perluís pengetahuan untuk memilih.