Pokok Ajaran Kitab Zabur, Berisi Tentang Zikir dan Nasihat

Posted on

Pendahuluan

Kitab Zabur adalah salah satu kitab suci dalam agama Islam yang berisi tentang ajaran dan nasihat dari Allah SWT. Kitab Zabur juga disebut sebagai Kitab Mazmur karena di dalamnya terdapat banyak nyanyian dan doa-doa yang diarahkan kepada Allah SWT. Kitab Zabur juga merupakan kitab suci bagi agama Yahudi dan Kristen.

Pengertian Kitab Zabur

Kitab Zabur adalah salah satu kitab suci yang termasuk dalam kelompok kitab-kitab suci dalam agama Islam. Kitab ini berisi tentang ajaran dan nasihat dari Allah SWT yang disampaikan kepada manusia melalui para nabi dan rasul yang telah diutus oleh-Nya.

Isi Kitab Zabur

Kitab Zabur berisi tentang banyak hal, termasuk di antaranya adalah zikir dan nasihat. Zikir adalah suatu bentuk ibadah yang dilakukan dengan cara mengingat dan menyebut nama Allah SWT. Sedangkan nasihat merupakan suatu bentuk pesan atau petunjuk yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia.

Zikir dalam Kitab Zabur

Zikir merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Dalam Kitab Zabur, terdapat banyak ayat-ayat yang mengajarkan tentang pentingnya zikir dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu ayat yang terdapat dalam Kitab Zabur adalah sebagai berikut:”Pada sesungguhnya dalam zikir kepada Allah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d: 28)Ayat tersebut mengajarkan bahwa dengan melakukan zikir kepada Allah SWT, hati dan jiwa manusia akan menjadi lebih tenang dan damai.

Pos Terkait:  Menurut Kalian Apa yang Akan Terjadi dalam Kehidupan Kita?

Nasihat dalam Kitab Zabur

Selain mengajarkan tentang zikir, Kitab Zabur juga berisi banyak nasihat yang sangat berharga bagi kehidupan manusia. Nasihat-nasihat tersebut bersifat universal dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh dari nasihat yang terdapat dalam Kitab Zabur adalah sebagai berikut:”Janganlah engkau iri hati terhadap orang yang berbuat aniaya, janganlah engkau mengikuti keinginan hawa nafsumu, karena hawa nafsu itu melalaikan dari kebenaran.” (QS. Al-Qasas: 77)Nasihat tersebut mengajarkan agar manusia tidak merasa iri hati terhadap orang lain yang berbuat aniaya, dan juga mengajarkan agar manusia tidak terlalu mengikuti keinginan hawa nafsu yang dapat melalaikan dari kebenaran.

Kesimpulan

Kitab Zabur adalah salah satu kitab suci dalam agama Islam yang berisi tentang ajaran dan nasihat dari Allah SWT. Kitab ini mengajarkan tentang pentingnya zikir dalam kehidupan sehari-hari serta memberikan nasihat yang sangat berharga bagi kehidupan manusia. Dengan mempelajari dan mengamalkan ajaran-ajaran dari Kitab Zabur, manusia dapat hidup dengan lebih baik dan lebih bermakna.

Related posts:
Pos Terkait:  Hewan Apa yang Makan Pisang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *